Pertengahan tahun lalu, Google merilis sebuah aplikasi menarik untuk iPhone bernama Motion Stills. Fungsi utamanya adalah untuk mengubah Live Photos (fitur ekslusif untuk lini iPhone 6s dan 7) menjadi format GIF yang lebih universal, sekaligus membuatnya tampak lebih mulus.

Baru-baru ini, Google telah meluncurkan update versi 1.4.0 untuk aplikasi Motion Stills. Versi ini membawa sejumlah penyempurnaan yang sangat signifikan. Utamanya adalah stabilization yang lebih mulus lagi, serta reproduksi warna yang lebih baik pada GIF yang dihasilkannya, seperti yang bisa Anda lihat contohnya di sini.

Selain itu, Motion Stills kini juga memungkinkan pengguna untuk meng-export hasil konversinya kembali menjadi format Live Photos. Dukungan atas format ini memang hanya terbatas untuk beberapa perangkat iOS saja, akan tetapi pengguna setidaknya jadi bisa membagikan hasil konversinya yang mulus tadi lewat iMessage, plus melihat animasinya dengan hanya menyentuhnya.

Bagi yang penasaran mengapa Google tidak merilisnya untuk Android, perlu dicatat bahwa fungsi Motion Stills adalah mengonversi, bukan merekam. Jadi Anda memerlukan Live Photos untuk bisa membuat looping GIF yang berkualitas.

Kalau yang Anda maksud adalah semacam aplikasi GIF maker dengan teknologi pemrosesan seapik Motion Stills, well, saya juga berharap Google akan mempertimbangkannya.

Sumber: Engadget.