28 September 2016

by Bambang Winarso

Google Perkenalkan Aplikasi Video Hemat Data, YouTube Go

Sebelum menyambangi global, YouTube Go akan meluncur perdana di India terlebih dahulu

Ada eranya di mana menonton video berdurasi 2 menit bisa sangat menyiksa, apalagi untuk mengunduh lagu berdurasi 3 sampai 5 menit. Anda bisa menghabiskan waktu hingga hitungan jam untuk mendapati lagu tersebut tersimpan di media lokal. Tapi jangan segera berpikir bahwa era itu sudah sepenuhnya kita lewati. Di belahan dunia lain, bisa menjelajah dunia maya dan menikmati konten digital dengan mulus saja sudah sangat hebat.

Berkaca pada fakta itulah Google baru-baru ini mengumumkan aplikasi video baru bernama YouTube Go. Aplikasi yang dirancang untuk menghantarkan konten video yang jadi ranah garapannya ke pasar yang lebih luas, terutama mereka yang terbentur koneksi internet stabil. Menurut rilis resmi YouTube, aplikasi dibangun dengan fokus penggunaan offline, dan memangkas penggunaan data.

YouTube Go bakal digulirkan secara bertahap, dimulai dari India terlebih dahulu sebelum menjangkau pengguna global. Tapi pengguna di sana dibolehkan untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan pemberitahuan awal ketika aplikasi sudah tersedia.

Dijelaskan oleh Google, aplikasi mempunyai sejumlah fitur menarik, misalnya ia mampu menampilkan pratinjau dan mengubah ukuran video sebelum diputar. Aplikasi juga memperbolehkan pengguna menyimpan video dengan opsi kualitas video untuk menyesuaikan kuota yang dihabiskan, serta membagikannya ke teman tanpa harus terhubung ke internet.

Fitur berbagi tanpa internet menjadi fitur kunci yang ada di YouTube Go. Dengan fitur ini, selama pengguna lain menggunakan aplikasi yang sama, Anda dapat mengirimkan video kepadanya tanpa harus terhubung ke jaringan.

Sumber berita youtube.googleblog.