23 May 2016

by Glenn Kaonang

Google Permak Hasil Pencarian di Perangkat Mobile Jadi Lebih Visual

Dijuluki Rich Card, format baru ini akan menyajikan hasil pencarian dalam wujud carousel visual yang bisa digeser-geser

Bersamaan dengan eventGoogle I/O 2016, Google rupanya sedang bereksperimen dengan format baru untuk menampilkan hasil pencarian di perangkat mobile. Format baru ini dijuluki “Rich Card”, dan merupakan penyempurnaan dari “Rich Snippet”.

Jadi jika mengacu pada gambar di atas, Rich Card ini sebenarnya dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna perangkat mobile. Hasil pencarian akan ditampilkan dalam wujud carousel yang bisa digeser ke kanan atau kiri.

Masing-masing link akan diwakili oleh sebuah kartu dengan gambar berukuran cukup besar. Jadi kalau hasil pencarian mencakup tautan ke situs-situs resep masakan seperti gambar di atas, maka tampilannya pun akan jauh lebih visual ketimbang versi sebelumnya.

Untuk sekarang Rich Card hanya akan diterapkan pada dua kategori konten saja, yaitu resep dan film. Pengguna juga baru akan menjumpai Rich Card seandainya mengakses google.com dengan setting bahasa Inggris.

Ke depannya Google bisa dipastikan akan menerapkan Rich Card pada kategori konten yang lebih beragam, serta mendukung lebih banyak bahasa. Rich Card sendiri awalnya hanya akan muncul di Google versi mobile sebelum hijrah ke desktop.

Bagi para pemilik situs, format baru ini tentunya sekaligus menjadi kesempatan baru untuk membuat situsnya lebih mencolok di hasil pencarian serta mampu menarik perhatian lebih banyak pengunjung.

Sumber: Google Webmaster Central Blog.