8 February 2017

by Glenn Kaonang

Google Permudah Proses Menyalin dan Berbagi Tautan Asli dari Artikel AMP

Kini terdapat tombol baru untuk memunculkan URL asli dari situs yang bersangkutan

Accelerated Mobile Pages, atau yang biasa disingkat AMP, adalah inisiatif Google untuk menyempurnakan pengalaman browsing di perangkat mobile. AMP selama ini terbukti cukup efektif, memungkinkan kita untuk membuka artikel-artikel berita secara instan usai melakukan pencarian. Namun yang jadi masalah justru ada pada aspek sharing.

Ketika Anda hendak membagikan tautan ke artikel AMP yang telah Anda baca, URL yang Anda salin bukanlah URL asli dari situs yang bersangkutan, melainkan salinan Google yang disimpan di server-nya sendiri – itulah mengapa proses membuka artikel AMP (yang berlambang petir) benar-benar instan.

Sebenarnya tidak ada masalah, toh artikel yang dibuka tetap sama persis. Namun bagi sebagian besar orang, URL terkadang dijadikan indikator kredibilitas dari suatu media publikasi. Orang-orang seperti ini biasanya memeriksa dan memastikan URL-nya terlebih dulu sebelum membaca artikel secara menyeluruh.

Singkat cerita, Google ingin memperbaiki masalah ini sehingga tidak ada lagi kebingungan atau rasa enggan untuk membagikan link ke suatu artikel AMP. Mulai hari ini, saat membuka artikel AMP, Anda akan melihat sebuah tombol baru di sebelah kanan header.

Google menyebutnya sebagai tombol "anchor", dan saat Anda tap, akan muncul URL asli dari artikel tersebut di bawahnya. Selanjutnya, Anda tinggal menyalin dan membagikannya seperti biasa. Fitur ini sudah tersedia pada aplikasi Google untuk iOS, dan dijanjikan bakal segera menyusul ke versi Android-nya.

Menggunakan mobile browser, seperti Safari di iPhone misalnya, saya pribadi sudah menjumpai tombol anchor ini pada artikel-artikel AMP. Di sebelahnya, hadir tombol lain yang akan membawa Anda ke halaman support Google yang menjelaskan cara kerja AMP.

Sumber: Google Developers via Search Engine Land.