Categories

Social Media

Google Photos Siap Gantikan Google+ Photos Per 1 Agustus 2015

Glenn Kaonang - 22 July 2015

Di ajang Google I/O 2015 kemarin, selain mengungkap eksistensi Android M, perusahaan pimpinan Larry Page tersebut juga memperkenalkan layanan baru bernama Google Photos. Lalu sebuah pertanyaan pun muncul: bagaimana nasib Google+ Photos (dengan tanda "plus") yang sempat menarik perhatian dengan fitur-fitur barunya di tahun 2013 kemarin?

Melalui jejaring sosialnya sendiri, Google menjelaskan bahwa per tanggal 1 Agustus 2015 mendatang, Google+ Photos akan digantikan oleh Google Photos yang baru menjalani debutnya akhir bulan Mei kemarin. Anda tidak perlu bingung dengan dua nama yang sangat mirip tersebut, karena sejatinya tidak ada dampak yang terlalu mencolok dari pertukaran ini.

Anda tetap bisa mengunggah foto dan video ke Google+ seperti biasa, sekaligus meninggalkan komentar maupun +1 seperti sebelumnya. Semua foto, video, album beserta komentar-komentarnya tidak akan hilang dan tetap bisa diakses melalui tab Photos di Google+.

Info menarik: Google Perkenalkan Aplikasi Baru, Google Photos

Satu-satunya perubahan ada 'di balik layar'; fitur-fitur seperti backup, editing, creation, private album management dan sharing akan diambil alih oleh Google Photos (tanpa tanda "plus"). Langkah ini diambil agar pengguna tidak kebingungan dengan adanya dua layanan yang bernama dan berfungsi sangat mirip.

Tidak ada yang perlu Anda lakukan terhadap foto maupun video yang Anda simpan di Google+; semuanya akan dipindah secara otomatis ke Google Photos (photos.google.com). Namun kalau Anda tertarik menyimpan semua itu secara lokal, Anda bisa memanfaatkan fitur Google Takeout untuk mengunduh semua foto dan video yang pernah Anda unggah.

Sumber: TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter