Google Photos Kini Dapat Mendeteksi Teks yang Terdapat pada Foto

Google Photos Kini Dapat Mendeteksi Teks yang Terdapat pada Foto

Sangat ideal untuk mencari dokumen atau screenshot yang mengandung kata atau frasa yang dimaksud
Google Photos / Google
Google Photos / Google

Pengguna loyal Google Photos pasti tahu bahwa salah satu fitur unggulan layanan tersebut adalah fungsi pencarian yang komprehensif; sehingga mereka dapat menemukan beragam objek, orang, atau hewan peliharaan yang dicarinya dengan mudah tanpa harus mengubek-ubek koleksi fotonya yang berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

Sekarang, fungsi pencariannya malah bertambah canggih lagi berkat kemampuan barunya mendeteksi teks di dalam foto. Cukup masukkan kata atau frasa yang hendak dicari sebagai kata kunci pencarian, maka Photos akan menampilkan deretan foto yang di dalamnya terdapat kata atau frasa yang dimaksud.

Di setiap foto yang ditampilkan pada hasil pencarian, terdapat tombol Lens. Klik tombol itu, maka teks yang terpampang akan langsung disalin (copy) untuk kemudian di-paste ke tempat lain. Google membayangkan fitur ini akan sangat berguna ketika pengguna hendak mencari foto catatan password Wi-Fi yang begitu kompleks.

Di samping itu, pencarian berdasarkan teks ini tentunya akan sangat ideal untuk mencari dokumen, screenshot, ataupun gambar lain yang mengandung teks di dalamnya. Selain di aplikasi Google Photos versi Android dan iOS, fitur ini juga dapat diakses melalui Photos versi web.

Sumber: 9to5Google dan Google (Twitter).

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…