Beberapa waktu yang lalu beredar rumor bahwa Google sedang merancang ponsel pintar baru yang diasumsikan oleh banyak orang sebagai penerus Google Pixel XL. Bahkan dikatakan Google telah siap meluncurkan punggawanya itu di kuartal kedua tahun ini. Kabar itu mungkin saja benar, pasalnya rincian soal perangkat sudah mulai mengemuka sejak beberapa minggu yang lalu, dan yang terbaru mengatakan LG akan berada di balik perakitan penerus Pixel XL dengan kode nama Taimen.

Informasi tersebut terlihat di Google IssueTracker yang mengungkapkan bahwa Google Pixel dengan kode nama Taimen bakal digarap oleh LG. Perangkat yang dinamai G011C dalam daftar tersebut kemungkinan besar akan jadi perangkat flagship di tahun ini.

lg-taimen-issue-tracker-android

Sebelum ini, Google disebutkan mempersiapkan tiga perangkat baru di tahun 2017 ini. Tapi, laporan terbaru mengatakan bahwa raksasa internet itu membatalkan salah satunya. Kemudian perangkat dengan kode nama Muskie yang merupakan suksesor Pixel XL dibatalkan dan digantikan oleh Taimen yang sekarang sedang kita bicarakan. Dengan manuver-manuver ini, menandakan ada kemungkinan kedua perangkat bakal mengemas rancangan yang berbeda, seperti halnya yang kita lihat di Nexus 6P dan Nexus 5X.

Rumor lainnya membeberkan spesifikasi Pixel “Taimen” garapan LG, di mana dikatakan perangkat bakal memiliki layar yang lebih besar dibandingkan Pixel XL. Kemungkinan besar bakal selebar 5,6 inci atau 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9 demi meningkatkan daya saing smartphone terhadap perangkat-perangkat flagship seperti Samsung Galaxy S8 dan LG G6 yang menonjolkan bagian ini. dengan asumsi itu, maka tak heran bila LG dan Google bakal satu suara untuk menggunakan Snapragon 835 sebagai dapur pacu perangkatnya. Atau bahkan mungkin dengan Snapdragon 836 yang santer dikabarkan sedang dalam pengerjaan.

Kemampuan kamera perangkat juga diyakini bakal menawarkan level yang sama dengan ponsel pintar flagship lainnya, atau paling tidak meningkat dibandingkan seri terdahulu. Spekulasi soal hadirya konfigurasi kamera belakang ganda rasanya tak berlebihan, begitu juga soal kapasitas RAM yang seharusnya berkapasitas 4GB ke atas.

Sumber berita 9to5Google, TheVerge dan gambar header ilustrasi Pixel XL.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.