Categories

Mobile

Google Play Bakal Kedatangan Fitur Family Plan

Pengguna hanya perlu membeli aplikasi, film atau buku satu kali untuk dipakai oleh enam akun yang berbeda

Glenn Kaonang - 14 July 2016

Kabar gembira bagi semua pengguna Android. Google dikabarkan bakal segera menghadirkan fitur family plan untuk Google Play. Berkat fitur ini, pengguna nantinya bisa saling berbagi aplikasi, game, film maupun buku yang mereka beli dari Google Play bersama lima anggota keluarga lainnya.

Menurut laporan Gizmodo, fitur ini tidak memerlukan biaya tambahan setiap bulannya. Usai diaktifkan, semua konten yang Anda beli akan otomatis muncul di akun keluarga. Tentu saja, Anda bisa memilih siapa saja anggota keluarga yang termasuk dalam akun tersebut, dan Anda juga bisa memilih satu per satu konten yang hendak dibagikan.

Jadi semisal Anda tidak ingin game baru yang Anda beli dimainkan oleh anak Anda yang masih duduk di bangku SMP karena usianya belum mencukupi, Anda bisa menghapusnya dari akun keluarga tersebut supaya anak Anda tidak dapat mengunduhnya begitu saja di ponselnya.

Sama seperti family plan di iOS, fitur ini tidak berlaku untuk in-app purchase. Kendati demikian, fitur ini masih sangat bermanfaat dimana Anda bersama kekasih Anda tidak perlu membayar dua kali untuk memainkan game yang sama atau menonton serial TV yang sama.

Fitur ini sebenarnya sudah dirumorkan sejak beberapa bulan yang lalu, namun Google sepertinya sudah siap untuk merilisnya secara bertahap. Penting juga untuk dicatat bahwa fitur ini tidak mencakup Google Play Music, mengingat layanan streaming musik yang sampai detik ini belum tersedia di Indonesia tersebut mempunyai paket keluarganya sendiri.

Sumber: Gizmodo. Gambar header: Google Play via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter