1. Startup

Google Play Tambah Metode Pembayaran "Virtual Account" Perbankan

Google bekerja sama dengan DOKU untuk menyediakan metode pembayaran ini

Google memperkenalkan virtual account (VA) sebagai metode pembayaran baru di Play Store bekerja sama dengan payment gateway DOKU. Kini pengguna dapat membeli konten digital dengan virtual account Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Central Asia (BCA).

Disampaikan dalam blog resminya, penambahan metode pembayaran baru ini sejalan dengan permintaan masyarakat akan metode pembayaran yang variatif.  Selain itu, pembaharuan ini menandakan upaya Google berinovasi karena melihat pertumbuhan transaksi Play Store selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, Google Play telah mengakomodasi sejumlah metode pembayaran, termasuk kartu kredit, potong pulsa, dan beberapa platformuangelektronikterdepan.

Menurut Zulfi Rahardian, Head of Google Play Retail and Payments Activation untuk Asia Tenggara, konten hiburan baru selalu bermunculan dan beragam hobi favorit mulai kembali populer.

"Kami terus berusaha menyediakan lebih banyak opsi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan developer di Indonesia. Kami harap para pengguna semakin nyaman ketika membeli konten digital dan bertransaksi,” jelas Zulfi.

Google mengungkap terdapat kenaikan sebesar 210% pencarian kata "gaming" di Indonesia. Sementara, laporan Google Year in Search 2022, minat pencarian terhadap online game meningkat 30%. Pada periode yang sama, tren "main bareng" alias mabar juga ikut melesat, terindikasi dari pencarian kata "mabar" yang mencapai lebih dari 80%.

More Coverage:

Berdasarkan riset Statista di 2022, total pendapatan Games di Indonesia diestimasi mencapai $980,9 juta, di mana mayoritas berasal dari pendapatan in-app purchase (IAP) di segmen Games diproyeksi sebesar $629,6 juta.

Adapun, total pendapatan segmen Games di Indonesia diperkirakan menembus $1.457 juta di 2027 dengan CAGR 7,04% (2022-2027). Jumlah konten Games diperkirakan mencapai 3,862 juta unduhan di 2022, dengan rata-rata pendapatan per unduhan sekitar $0,25.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again