20 March 2018

by Glenn Kaonang

Berkat Google Play Instant, Game Android Bisa Dicoba Terlebih Dulu Tanpa Mengunduh Versi Penuhnya

Solusi tepat bagi yang sering dibuat kesal karena sudah mengunduh game berukuran besar hanya untuk dihapus lagi

Menyebalkan itu mengunduh game yang besarnya mencapai ratusan MB hanya untuk menghapusnya lagi. Alasannya bisa karena grafisnya jelek, gameplay-nya membosankan, dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, semuanya akan lebih baik andai ada cara cepat untuk menjajal game baru tanpa harus membuang banyak waktu dan kuota internet.

Google sudah menyiapkan solusinya dalam wujud Google Play Instant. Fitur ini sekarang sudah tersedia di versi terbaru aplikasi Google Play Games, dan juga akan menyusul ke Google Play Store maupun tempat lain di mana tautan ke suatu game dibagikan.

Google Play Instant memungkinkan kita untuk mencoba suatu game tanpa perlu mengunduhnya terlebih dulu. Google memang tidak bilang secara eksplisit, tapi saya duga fondasi teknologinya sama seperti Android Instant App. Koneksi internet masih dibutuhkan karena masih ada secuil data yang perlu diunduh, itulah mengapa prosesnya berlangsung nyaris instan.

Di Google Play Games, fitur ini bisa dinikmati melalui segmen "Instant Gameplay" pada tab Arcade. Sejauh ini belum banyak judul game yang mendukung fitur ini: Clash Royale, Words With Friends 2, Solitaire (Zynga), Final Fantasy XV: A New Empire, Bubble Witch 3 Saga, dan Mighty Battles. Kendati demikian, jumlahnya dipastikan bakal bertambah seiring berjalannya waktu.

Kalau memang suka dengan game-nya, tinggal klik tombol "Install now!" untuk mengunduh versi penuhnya. Kalau tidak, tinggal keluar dan lupakan game tersebut, dan Anda bisa sedikit berterima kasih karena tidak banyak waktu dan kuota data yang disia-siakan.

Sumber: Google.