12 December 2014

by Bambang Winarso

Google Play Newsstand Kini Jangkau Indonesia

Dalam konteks berita, konten adalah segalanya. Konten merupakan aset media yang menjadi objek konsumsi bagi pembaca entah itu melalui media cetak atau digital. Paham betul bahwa jutaan orang membutuhkan konten dengan cepat, Google kemudian memanfaatkan peluang dengan merilis Google Play Newsstand. Kabar baiknya, Newsstand sudah resmi merambah Indonesia.

Ketersediaan Google Play Newsstand terkonfirmasi oleh munculnya banner besar di halaman Google Play. Bila Anda pengguna smartphone atau tablet Android, Anda pun dapat menemukan kategori baru "Newsstand" di sebelah kategori Books.

Google Play Newsstand ini merupakan aplikasi agregasi konten dari berbagai media lokal. Konsep semacam ini bukanlah hal yang baru, namun Google sepertinya ingin memberikan suasana yang baru sekaligus memberikan efek kejut kepada para pemain lama.

 

Info Menarik: Game Parodi Princess Sahrimi Maju Mundur Cantik Hadir di Android

 

Melalui Google Play Newsstand, pengguna dapat menemukan berbagai macam berita dari media-media lokal di perangkat mobile. Semua konten berita dikumpulkan dalam satu aplikasi ini. Kategori-kategori berita yang ditawarkan pun beragam mulai berita politik, olahraga, selebritis, traveling, resep hingga gaya hidup.

Pengguna juga diberikan kemudahan tambahan sehingga dapat mengakses berita yang dipilih secara offline. Jika sebelumnya lewat aplikasi ini kita bisa membaca berbagai informasi dari situs online dengan menambahkan lewat fasilitas feed, kini pengguna bisa membeli langsung beberapa konten berbayar atau membaca konten dari media-media tanah air.

 

Info Menarik: SnapJet, Printer Foto Polaroid Portable Berkualitas Tinggi Untuk Smartphone

 

Sebelum masuk ke Indonesia, Google Play Newsstand lebih dulu menjangkau India dan sejumlah negara Eropa seperti Italia, Perancis, Jerman, Austria, Belgia, Portugal dan Irlandia. Pergerakan cepat ini tak lain mengindikasikan keinginan Google untuk segera menempati posisi yang nyaman sedini mungkin. Pasalnya, Google bukan yang pertama bermain di bisnis agregasi konten dan kios majalah/koran digital.

Untuk pasar Indonesia, konten berbayar Google Play Newsstand terlihat sudah memiliki sejumlah media lokal sebagai amunisi seperti Koran Tempo dan Femina, sedangkan beberapa konten lain seperti Merdeka, MetroTV News, Liputan6, Merdeka, Jawa Pos dan Inilah telah bisa juga dinikmati.

Bukan hanya dari kategori berita umum, Google Play Newsstand juga menggaet media-media yang bermain di kategori lainnya seperti Cosmopolitan Indoensia, Femina, Gadis dan Dewi. Lalu ada pula KapanLagi, Cekricek, Viva, Muvila dan banyak lagi lainnya.

Bagi Anda yang ingin langsung mencoba bisa mengunduh dari smartphone Anda atau baca dulu keterangannya di Google Play.

Sumber berita AndroidPolice.