Categories

Berita

Google Play Tambah DOKU Sebagai Opsi Pembayaran

Meramaikan opsi pembayaran di Google Play, setelah Gopay dan ShopeePay

Marsya Nabila - 15 June 2021

DOKU mengumumkan kehadiran di Google Play sebagai tambahan opsi pembayaran teranyar, melengkapi pemain e-money lainnya yang sudah lebih dulu hadir, yakni Gopay dan ShopeePay. Ke depannya DOKU akan terus melengkapi jenis metode pembayaran dalam Google Play, sehingga konten digital berbayar yang ada di dalamnya dapat diperoleh dengan mudah.

“Saat ini mobile commerce dengan metode in-app payment menjadi semakin populer dan banyak dipilih konsumen karena lebih praktis dan nyaman, terutama bagi generasi muda yang kesehariannya sangat bergantung dengan smartphone mereka,” ucap Chief of International Partnership DOKU Alison Jap dalam keterangan resmi, Selasa (15/6).

Adapun cara mengaktifkan DOKU e-Wallet dalam Google Play terbilang cukup mudah. Pertama, pengguna pilih menu Payments & Subscription. Kedua, pilih menu Payment Methods. Terakhir, menambahkan DOKU sebagai metode pembayaran.

Mengutip dari sebuah riset yang dikeluarkan oleh JP Morgan ‘2020 Payment Trends Report’ untuk pasar Indonesia terungkap bahwa digital wallet adalah metode pembayaran dengan tingkat kepopuleran yang cepat melesat. Pada 2019, penggunaan digital wallet sebesar 16% dibandingkan opsi lainnya. Diprediksi pada 2023 mendatang akan meningkat hingga 23%.

Lebih lanjut, riset tersebut juga menyatakan pada 2019 mobile commerce dengan metode in-app payment lebih digemari oleh konsumen (69%) daripada pembayaran melalui browser (31%).

Sejak resmi diluncurkan pada 2013, DOKU e-Wallet fokus pada pertumbuhan organik yang konsisten dengan segmentasi profil pengguna yang lebih matang. Diklaim penggunanya saat ini sebanyak 3,7 juta orang dengan nilai rata-rata transaksi Rp300 ribu-Rp400 ribu.

Para pengguna mayoritas menggunakan fitur pembayaran tagihan, pulsa, token listrik, iuran BPJS secara autodebet, transfer dana, dan belanja online. Tak hanya itu, DOKU e-Wallet sudah dilengkapi dengan fitur scan QRIS yang mempermudah pengguna ketika melakukan pembayaran baik online maupun onsite.

Sebelumnya DOKU e-Wallet mengumumkan penambahan fitur ‘Bayar di Toko’ yang dapat digunakan di gerai Alfamart dan Indomaret pada tahun lalu.

Secara perusahaan, DOKU memiliki tiga pilar bisnis, yakni DOKU e-Wallet, remitansi & disbursement, dan payment gateway. Bisnis yang terakhir ini adalah bisnis utama DOKU yang berkontribusi sebanyak 70% secara pendapatan. Pada April kemarin, perusahaan memutuskan untuk melakukan rebranding bisnispayment gateway-nya menjadi Jokul (kata slang pada tahun 90-an yang memiliki arti “jualan”).

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter