Categories

Mobile

Google Resmi Hadirkan Android One di India, Selanjutnya Indonesia

Bambang Winarso - 16 September 2014

Bertempat di New Delhi, India, Google akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Android One dalam wujud tiga smartphone murah. Dalam acara tersebut Google juga memperkenalkan kembali beberapa fasilitas yang ada di Android One, nama-nama vendor yang menjadi rekanan Google dan bahkan banderol yang disematkan.

India menjadi sasaran utama Google karena di negara tersebut setidaknya memenuhi 3 kriteria sebagai pangsa pasar potensial. Salah satunya adalah penetrasi smartphone yang terbilang rendah.

70% pengiriman ponsel ke India masih berlabelkan feature phone. Coba bandingkan dengan Cina yang situasinya sangat jauh berbeda dimana perangkat smartphone di sana justru mulai sukses menggantikan peran PC.

Berkaca pada kondisi tersebut Google berkeyakinan India punya potensi yang besar. Dan untuk merebut pangsa pasar di sana, Google telah menggandeng tiga vendor perangkat lokal yakni Micromax, Karbonn dan Spice Mobile.

 

 

Info Menarik: Aplikasi Soccertalk Sediakan Wadah Interaksi Para Pecinta Sepak Bola

 

 

Perangkat-perangkat yang akan ditawarkan oleh ketiga vendor tersebut dibanderol mulai 6,299 INR atau $104 atau dalam nilai Rupiah sekitar Rp 1.1 juta.

Vendor Karbonn merilis varian yang diberi nama Karbonn Sparkle V, Micromax dengan Canvas A1 dan Spice mengusung nama Dream Uno. Ketiga perangkat nantinya dijual melalui tiga toko online ternama India Flipkart, Snapdeal dan Amazon India.

 

 

Info Menarik: MoboMarket Siapkan Mekanisme Potong Pulsa Untuk Pembelian Aplikasi Oktober Mendatang

 

 

Dikutip dari blog resmi Google, perangkat-perangkat berbasis Android One tidak akan membawa fitur murahan.

Dijamin oleh Google bahwa smartphone Android One akan dibekali fitur-fitur seperti dukungan dual SIM, resolusi kamera yang tinggi, baterai yang dapat diganti, memori internal besar plus slot memori eksternal, radio FM, dan yang paling menarik akan memperoleh update sistem operasi berkala secara langsung dari Google, termasuk update ke Android L.

Kabar baiknya, India bukan satu-satunya negara yang beruntung diganjar perangkat Android One, Sundar Pichai dan blog resmi Google juga memastikan bahwa akan ada dua negara lagi yang masuk dalam agenda mereka yakni Indonesia dan Filipina.

Untuk itu Google akan menggandeng vendor-vendor ternama yang lebih lekat dengan telinga orang di dua negara ini termasuk Indonesia seperti Asus, Lenovo, HTC, Intex, Lava, Panasonic, dan Xolo. Selain itu Qualcomm juga termasuk perusahaan yang akan diajak untuk mengembangkan smartphone yang masuk dalam program Android One.

Menurut jadwal, Indonesia dan Filipina akan disambangi oleh Android One pada tahun 2015, dan penyebaran Android One ini tak menutup kemungkinan akan diperluas ke negara-negara lain.

Info seputar Android One bisa Anda baca di Trenologi lewat tautan ini. 

Sumber berita TheNextWeb, BGR.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter