Categories

Mobile

Google Resmi Luncurkan Update Terbaru Android 5.1 Lollipop

Glenn Kaonang - 11 March 2015

Awal bulan Februari lalu, Google secara resmi memperkenalkan smartphone program Android One di Indonesia, disusul oleh Filipina beberapa hari setelahnya. Salah satu keunggulan standar Android One yang ditetapkan adalah software update yang akan dikontrol oleh Google secara langsung. Bahkan pada saat diluncurkan, smartphone-smartphone Android One telah menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop – terbaru dan belum tersedia untuk perangkat lain pada saat itu.

Dan kini, diumumkan lewat blog resminya, Android 5.1 telah diumumkan perilisannya. Android Lollipop terbaru ini menghadirkan empat fitur baru yang menjadi sorotan utama: Device Protection, HD voice call, perbaikan pada fungsi Quick Settings dan dukungan kartu SIM ganda.

Device Protection adalah fitur yang paling menarik di mata saya. Sederhananya, Device Protection untuk Android 5.1 ini memiliki cara kerja yang mirip dengan fitur Activation Lock yang diperkenalkan Apple pada peluncuran iOS 7. Tujuannya adalah menjaga agar data yang tersimpan di dalam handset tidak mudah dicolong.

Misalnya, saat nasib sial menimpa dan smartphone Anda dicuri orang, perangkat tersebut akan terus terkunci, bahkan setelah di-format sekalipun. Smartphone curian tersebut baru bisa digunakan jika sang maling berhasil memasukkan kata sandi untuk akun Google Anda yang digunakan oleh perangkat tersebut.

Info menarik: Fitur Enkripsi di Perangkat Android Lollipop Ternyata Hanya Bersifat Opsional

Pembaruan kedua, yakni HD voice call, berfungsi seperti yang dapat kita lihat dari namanya. Fitur ini memungkinkan pemilik handset Android 5.1 yang kompatibel untuk melakukan panggilan telepon dengan suara yang lebih jernih. Akan tetapi, penerapannya juga bergantung pada pihak penyedia jaringan telekomunikasi domestik.

Pada fungsi Quick Settings Android 5.1 Lollipop, pengguna kini bisa menyambungkan perangkatnya ke jaringan Wi-Fi baru secara langsung, tanpa harus masuk ke aplikasi Settings terlebih dahulu. Sama halnya dengan Bluetooth, pengguna dapat mengontrol perangkat-perangkat yang sempat di-pair langsung melalui Quick Settings.

Update Android 5.1 juga menghadirkan dukungan untuk handset yang memiliki slot kartu SIM lebih dari satu. Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat rata-rata smartphone Android One dibekali dengan slot kartu SIM ganda.

Info menarik: Panduan Lengkap Membeli Aplikasi Android dengan Fasilitas Carrier Billing dari Indosat

Apakah itu saja pembaruan yang dibawa Android 5.1 Lollipop? Menurut Android Police, ada cukup banyak perubahan-perubahan kecil yang dihadirkan Android 5.1 Lollipop.

Sumber: Android Police

Salah satunya berkaitan dengan dukungan kartu SIM ganda, yakni opsi untuk mengganti tema pada aplikasi Phone untuk tiap-tiap kartu SIM. Contohnya, Anda bisa mengeset warna biru untuk kartu SIM A dan merah untuk kartu SIM B sehingga Anda bisa lebih mudah mengenali kartu mana yang sedang dipakai saat akan menelepon.

Perubahan-perubahan kecil lainnya berkaitan pada tampilan sistem operasi secara umum. Di antaranya adalah animasi baru pada aplikasi Clock, petunjuk yang lebih jelas untuk fitur Screen Pinning, opsi untuk menyembunyikan toggle Wi-Fi hotspot pada Quick Settings dan perbaikan pada sejumlah bug yang ada di Android 5.0.

Seperti biasa, update Android terbaru ini akan mengawali debutnya pada lini Nexus besutan Google terlebih dahul, khususnya Nexus 6 dan Nexus 9 (di luar perangkat program AndroidOne atau perangkat yang dijual telah dengan Android 5.1). Pengguna handset lain tentunya masih harus menunggu update yang diluncurkan oleh masing-masing pabrikan.

Sumber: Android Blog dan Gotta Be Mobile. Gambar header: Android.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter