Google Resmi Mengumumkan Play Pass

Google Resmi Mengumumkan Play Pass, Akan Hadir Tak Lama Lagi?

Ada kemungkinan segala detail mengenainya akan diungkap di bulan Oktober besok.
Logo Google Play Pass.
Logo Google Play Pass.

Rencana Google untuk menyediakan opsi premium dari platform Play sudah terdengar sejak tahun lalu. Wacana tersebut kembali jadi sorotan berkat laporan di akhir bulan Juli kemarin. Saat itu, terungkaplah nama layanan serta sejumlah detail mengenai apa saja yang ditawarkan oleh Google Play Pass. Menakar dari metode penyampaiannya, Play Pass akan berkompetisi ketat dengan Apple Arcade.

Dan di tanggal 10 September kemarin, sang raksasa internet akhirnya secara resmi mengumumkan Google Play Pass via animasi GIF di Twitter. Sejauh ini Google belum mengabarkan apa saja kontennya dan cara mereka menyajikan layanan, mereka hanya bilang bahwa Play Pass akan ‘hadir sebentar lagi’. Yang menarik dari pengumuman tersebut adalah, Google melakukannya sehari sebelum Apple menyingkap rincian terkait Apple Arcade.

Berdasarkan deskripsi dari screenshot yang diperoleh Android Police, Google Play Pass akan memberikan Anda akses tak terbatas ke seluruh konten Play. Dengan menjadi pelanggannya, Anda tak lagi perlu melakukan pembelian atau transaksi in-app, lalu pengalaman pemakaiannya juga bebas dari iklan. Selain itu, Google menekankan bahwa layanan Play Pass tidak membebankan Anda dengan komitmen – Anda bisa keluar kapan saja. Dan sebagai alternatifnya, ada pula pilihan paket keluarga.

Meneliti lebih jauh – terutama dari gambar dan icon, ada sejumlah game populer yang siap dihidangkan oleh Google Play Pass. Selain Stardew Valley dan Marvel Pinball, saya melihat Brothers: A Tale of Two Sons, Limbo, Star Wars: Knights of the Old Republic, Spelunky, Monument Valley sampai Life is Strange. Saya berasumsi, tak ada pembatasan konten jika Anda setuju berlangganan Play Pass.

Screenshot Android Police juga menampilkan jumlah uang yang harus dikeluarkan pelanggan Google Play Pass. Harganya cukup terjangkau, yaitu US$ 5 per bulan – sama seperti Apple Arcade. Mengingat informasi ini terungkap di periode tes beberapa bulan lalu, tetap ada peluang bagi Google buat menyesuaikan biayanya. Namun bahkan jika mereka melakukannya, saya menduga perubahannya pun tak terlalu banyak.

Melihat dari kebiasaan Google, perusahaan teknologi itu kemungkinan akan menyingkap info-info lebih rinci terkait Play Pass di bulan Oktober 2019 besok. Satu aspek yang membuat Play Pass lebih superior dari layanan Apple Arcade ialah, akses kontennya tak hanya terbatas pada permainan video. Itu artinya, nantinya Anda bisa menggunakan fitur-fitur premium di layanan streaming musik hingga fitness tracking.

Via The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…