Categories

Gadget

Google Resmi Perkenalkan Smartphone Barunya, Pixel dan Pixel XL

Google Pixel dan Pixel XL diklaim sebagai smartphone buatan Google, kendati proses perakitannya dibantu oleh HTC

Bambang Winarso - 5 October 2016

Google resmi mengumumkan smartphone terbarunya Pixel dan Pixel XL dalam sebuah acara yang digelar di San Fransico, Amerika Serikat. Seperti banyak diberitakan, smartphone berlabel “made by Google” ini bakal menjadi pengganti seri Nexus yang tidak lagi digunakan. Duo Pixel juga menjadi bagian dari ekspansi Google ke ranah perangkat keras komersil. Bersamanya hadir juga Google Home, Google WiFi, DayDream View dan lain-lain.

Kendati dilabeli “made by Google”, Pixel dan Pixel XL sejatinya dirakit oleh HTC yang berperan tak ubahnya Foxconn bagi Apple. Tapi Google mengklaim kedua ponselnya sebagai karya yang dikreasikan oleh mereka, di mana ada lima hal besar yang jadi keunggulan keduanya, antara lain Google Assistant, Fotografi, Google Photos, Komunikasi dan Virtual Reality.

Google Duo hadir secara default

Secara default Google Pixel diracik dengan optimalisasi pada komponen kamera untuk memberikan pengalaman fotografi yang hebat. Keduanya juga dibekali aplikasi Google Photo, Google Allo dan juga Duo. Terakhir, Daydream pun siap tertanam di dalamnya.

Google Pixel dan Pixel XL dibekali layar 5 dan 5,5 inci

Soal spesifikasi, keduanya mempunyai banyak kesamaan. Jeroan keduanya sama-sama dimotori Snapdragon 821, RAM 4GB dan memori internal seluas 32GB plus ketersediaan ruang simpan berbasis cloud tanpa batas. Google juga menawarkan varian 128GB untuk yang lebih menyukai penyimpanan offline.

Sepasang kamera yang disematkan mempunyai resolusi masing-masing 12MP dan 8MP. Google masih menggunakan lensa Sony IM378 seperti di Nexus 5X dan 6P, tetapi kali ini ditingkatkan dengan dukungan OIS. Untuk kamera utama, Google menyematkan konfigurasi dengan ukuran piksel 1,55 mikron, dan diafragma F/2.0.

Google Pixel dibekali kamera 12MP di belakang dan 8MP di depan

Tak melupakan sensor sidik jari, keduanya dibalut komponen layar yang berbeda tipis. Google Pixel mempunyai layar selebar 5 inci dengan resolusi Full HD, sedangkan Google Pixel XL selebar 5,5 inci dengan resolusi QHD AMOLED. Untuk perlindunngan, Google telah melapisi keduanya dengan Gorilla Glass 4. Perbedaan lainnya ada di sektor baterai, masing-masing sebesar 2.770mAh dan 3.450mAh.

Google Pixel dan Pixel XL akan mulai tersedia secara eksklusif di Verizon. Pre-order di sejumlah negara seperti Inggris, Amerika, Australia, Kanada dan Jerman juga sudah mulai dibuka. India juga bakal kebagian jatah tapi baru akan dimulai pada tanggal 13 Oktober.

Harganya? Belum ada rincian harga untuk masing-masing varian, di Google Store, harga duo Pixel ditawarkan mulai dari $649.

https://www.youtube.com/watch?v=Rykmwn0SMWU

Sumber berita Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter