Categories

Mobile

Google Rilis Aplikasi SMS ‘Messenger’, Tampil Dengan Sentuhan Material Design

Bambang Winarso - 13 November 2014

Bosan dengan aplikasi SMS bawaan yang kurang atraktif tapi juga ogah menggunakan Hangouts yang ribet? Pas sekali kalau begitu, sebab Google baru saja merilis aplikasi SMS baru bernama Messenger untuk platform Android. Bukan aplikasi biasa, Google memoles aplikasi ini dengan rancangan Material Design. Penasaran? Simak yuk!

Material Design jadi andalan Google dalam mempromosikan Android Lollipop, sistem operasi terbaru yang satu ini memang sukses menarik perhatian jutaan mata penduduk dunia khususnya yang menggunakan perangkat Android.

Konsep serupa diadopsi oleh Google ke aplikasi baru ini, sayangnya nama yang dipilih terkesan biasa-biasa saja, Messenger. Harapannya sih ada nama baru yang lebih unik dan berciri khas. Sebab saat penulis mencoba mencari aplikasi ini di Google Play, yang muncul di barisan teratas adalah Messenger-nya Facebook.

 

Info Menarik: Kolaborasi Bottlesmoker Dengan Labtek Indie Hadirkan Aplikasi Untuk Teman Menonton Konser Hypnagogic

 

Sejumlah fitur baru ditambahkan oleh Google, menjadikan aplikasi ini sangat bagus untuk menggantikan aplikasi pesan SMS bawaan di perangkat Android Anda. Beberapa di antaranya adalah fitur pengiriman video, gambar dan juga audio langsung dari aplikasi. Dari sisi fitur hampir menyerupai pesan chat layaknya BBM, WhatsApp ataupun Line.

messenger app

Masih di sisi fitur, Messenger juga menawarkan fitur pencarian percakapan yang mudah namun atraktif. Kemudian bila seseorang mengirimkan pesan yang tidak sepantasnya atau spam, hal ini tak jadi soal bila menggunakan aplikasi Messenger dari Google, sebab Anda bisa memblokir nomor pengirim dengan sangat mudah.

Soal tampilan jangan diragukan, saya sendiri merasa terpesona dan tak berpikir panjang untuk mengganti aplikasi SMS lama dengan Messenger. Di bagian depan aplikasi tidak ada satu garis pun, polos putih, hanya terpampang potongan pesan dan juga gambar pengirim yang ditampilkan dalam lingkaran di sebelah kiri pesan.

aplikasi messenger

 

Info Menarik: Ini Dia iBox Nano, 3D Printer Termungil di Dunia

 

Kemudian terdapat satu tombol dengan ikon plus (+) di sisi kanan bawah aplikasi yang gunanya untuk membuat pesan baru. Tampilan kontak tujuan pengiriman pun sangat simple tapi tak mengurangi daya tariknya. Kontak dipisahkan atas dua bagian, Frequents dan All Contact.

messenger app

Sementara di bagian paling atas terdapat kolom pencarian dari tombol menu untuk menukar karakter keyboard. Hanya seperti itu, simple, bersih dan cepat.

Yang penasaran dan ingin langsung mecicipi aplikasi Messenger baru Google, silahkan ke Google Play, gratis dan ukurannya pun sangat minimalis. Tapi, aplikasi ini hanya dapat berjalan di perangkat Android 4.1 Jelly Bean ke atas.

Sumber berita PhoneArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id