25 July 2013

by Iqbal Farabi

Google Rilis Chromecast, Hadirkan Konten-Konten Google dan Partner ke Televisi

Selain New Nexus 7, pada perhelatan yang dilangsungkan oleh Google tadi malam, raksasa layanan internet ini juga mengumumkan rilis perangkat lainnya. Perangkat tersebut adalah Chromecast, sebuah dongle HDMI yang bisa menghadirkan konten-konten dari berbagai layanan Google dan layanan lain dari ponsel pintar, tablet atau laptop ke layar televisi.

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, bentuk Chromecast sekilas mirip dengan flashdisk atau thumb drive. Perbedaannya, Chromecast bekerja pada port HDMI alih-alih port USB. Setelah ditancapkan ke perangkat seperti ponsel pintar, tablet, atau laptop, Chromecast kemudian bisa digunakan untuk mengoperasikan televisi-televisi yang sudah mendukung fitur HDMI CEC dan kemudian menampilkan konten-konten dari layanan Google seperti YouTube dan Google Play Music di layar televisi. Selain itu, Chromecast juga bisa menampilkan konten-konten dari layanan Netflix.

Barangkali Anda bertanya-tanya, televisi-televisi apa saja yang sudah mendukung fitur HDMI CEC? Fitur HDMI CEC sendiri merupakan nama standar. Pada kenyataannya, banyak produsen televisi menggunakan nama dagang yang berbeda untuk menyebut fitur ini. Jika televisi Anda memiliki fitur yang disebutkan pada daftar di bawah ini, maka televisi tersebut sudah mendukung fitur HDMI CEC:

  • Samsung - Anynet+
  • Sony - BRAVIA Link or BRAVIA Sync
  • Sharp - Aquos Link
  • Hitachi - HDMI-CEC
  • Toshiba - Regza Link or CE-Link
  • LG - SimpLink
  • Panasonic - VIERA Link or HDAVI Control or EZ-Sync
  • Philips - EasyLink

Chromecast dibanderol dengan harga yang cukup murah oleh Google, sebesar $35 saja. Jika Anda tertarik dengan perangkat ini, Anda bisa melihat halaman resminya di tautan ini atau Anda bisa juga menyimak iklan Chromecast berikut ini.

[youtube id="cKG5HDyTW8o" width="620" height="360"]

 

Sumber: Android Central, HDMI CEC Blog. [gambar via]

Koreksi untuk judul: Konten yang bisa 'dimainkan' lewat Chromecast tidak hanya dari produk Google seperti YouTube, Google Play Movies & TV, dan Google Play Music tetapi juga dari Netflix dan akan hadir Pandora.