13 December 2017

by Lukman Azis

Google Rilis Tiga Aplikasi, Dirancang untuk Mengeksplorasi Potensi Fotografi Mobile

Aplikasi tersebut adalah Storyboard (Android), Selfissiomo (iOS dan Android), dan Scrubbies (iOS).

Google telah mengumumkan project penelitian terbaru mereka, 'Appsperiments'. Dalam program ini, mereka memperkenalkan tiga aplikasi baru yang dirancang untuk mengeksplorasi potensi fotografi mobile dengan teknologi experimental yang akan terus dikembangkan.

Aplikasi tersebut adalah Storyboard (Android), Selfissiomo (iOS dan Android), dan Scrubbies (iOS). Program Appsperiments ini terinspirasi dari aplikasi Motion Stills, yang menggunakan stabilisasi otomatis dan teknologi rendering untuk menciptakan GIF yang smooth dan time lapse dari foto dan video.

Ketiga aplikasi fotografi percobaan Google itu pun menggunakan pendekatan yang sama. Beserta teknologi baru yang sedang mereka kembangkan, seperti object recognition, person segmentation, stylization algorithms, efficient image encoding, dan teknologi decoding.

Storyboard untuk Android

Storyboard akan mengubah video menjadi foto dengan template seperti buku komik. Rekam video dan muat video ke Storyboard, aplikasi akan secara otomatis memilih frame video yang paling menarik. Usap dari atas ke bawah untuk mendapatkan layout baru. Menurut Google ada sekitar 1.6 triliun kemungkinan berbeda yangย  bisa dirasakan oleh pengguna.

Selfissimo! untuk Android dan iOS

Terasa foto di photobox, penyuka selfie harus coba aplikasi ini. Selfissimo akan mendorong Anda untuk berpose dan memotret setiap kali Anda berhenti bergerak. Lalu, Anda bisa memilih untuk menyimpan seluruh foto yang dihasilkan atau satu persatu.

Scrubbies untuk iOS

Scrubbies memungkinkan Anda untuk dengan mudah memanipulasi kecepatan dan arah pemutaran video. Cocok banget untuk mengabadikan ekspresi atau momen lucu menjadi sebuah loop video.

Sumber: Googleblog.