23 May 2013

by Iqbal Farabi

Google Rilis Top Charts untuk Google Trend, Mudahkan Pengguna Melihat Tren Pencarian Secara Tematis

Pengguna layanan Google Trend tentunya sudah mengetahui bagaimana cara melihat pencarian apa yang sedang menjadi tren di Google. Dengan Google Trend, pengguna bisa melihat tidak hanya tren pencarian saat ini, bahkan juga bisa melihat bagaimana topik tersebut menjadi tren dengan data historis berdasarkan waktu.

Memperkaya layanan Google Trend, Google kemarin merilis fitur baru yang disebut dengan Top Charts. Sederhananya, Top Charts adalah daftar yang berisi orang-orang, tempat, dan hal-hal lain yang diurutkan berdasarkan seberapa besar entitas tersebut dicari oleh pengguna layanan Google. Top Charts bertujuan untuk memudahkan pengguna melihat tren pencarian secara tematis berdasarkan kategori yang disediakan oleh Google. Ada sekitar 40 lebih kategori daftar yang saat ini tersedia. Berikut adalah contoh tampilan Top Charts berdasarkan kategori kota, film, dan ilmuwan.

Tidak hanya bisa melihat tren pencarian berdasarkan kategori, pengguna juga bisa melihat tren pencarian berdasarkan waktu. Top Charts menyediakan tren data pencarian mulai dari tahun 2004 dan disajikan dengan satuan terkecil per bulan.

Selain Top Charts, Google juga menambahkan fitur untuk memvisualisasikan tren pencarian saat ini dalam teks animasi. Teks animasi ini bisa dikustomisasi untuk menampilkan mulai dari satu kata kunci hingga maksimal 25 kata kunci dalam satu waktu. Berikut adalah contoh teks animasi yang menampilkan 25 kata kunci pencarian yang sedang menjadi tren.

 

Ingin segera mencoba fitur Top Charts ini? Langsung saja coba fitur tersebut di tautan ini.