4 December 2015

by Glenn Kaonang

Sambut Natal, Google Hadirkan Santa Tracker dengan Beragam Konten Edukatif

Mulai dari yang mengajarkan dasar pemrograman sampai mendandani Santa

Dalam rangka menyambut perayaan Natal, Google kembali menghadirkan Santa Tracker seperti di tahun sebelumnya. Google Santa Tracker pada dasarnya merupakan sekumpulan aktivitas menarik yang akan terus ditambahkan setiap harinya.

Aktivitas yang ditawarkan sangat bervariasi dan banyak yang sifatnya mendidik. Salah satunya adalah Code Lab yang mengajarkan dasar-dasar pemrograman JavaScript menggunakan puzzle – mirip seperti yang ditawarkan Microsoft dan Code.org. Kemudian ada juga kumpulan bacaan interaktif terkait tradisi-tradisi perayaan Natal di berbagai negara.

Namun selain sebagai media pembelajaran, tidak sedikit juga aktivitas yang benar-benar dirancang untuk sekedar membuat kita tersenyum. Salah satu contohnya adalah Santa Selfie, dimana kita bisa mendandaninya seenak udel – mencukur seluruh jenggotnya – lalu membagikan foto selfie-nya ke media sosial.

Setiap harinya akan muncul aktivitas-aktivitas baru, sampai akhirnya kita tiba di malam Natal pada tanggal 24 Desember nanti. Pada saat itu, Google pun akan membuka akses terhadap fitur utama Santa Tracker, yakni melacak pergerakan Santa di berbagai kawasan di dunia. Sebagai bonus, Google bakal menyertakan sejumlah game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di hari itu juga.

Agar semuanya tidak ketinggalan kesempatan, Google Santa Tracker dapat diakses dari berbagai perangkat sekaligus: dari TV dengan bantuan ChromeCast, dari browser di PC ataupun laptop, dari smartphone melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play sampai di smartwatch Android Wear dalam wujud watch face.

Google mungkin dalam hati menargetkan Santa Tracker pada anak-anak, tapi toh tidak ada yang melarang orang dewasa yang kurang kerjaan seperti saya untuk ikut mencobanya. :)

Sumber: Google Blog.