Categories

Internet

Google Luncurkan Fitur Activity Card untuk Search

Pada dasarnya merupakan koleksi tautan yang pernah dikunjungi pada sesi pencarian sebelumnya

Glenn Kaonang - 10 January 2019

Google Search sudah lama menawarkan fitur rekomendasi pencarian berdasarkan kata kunci yang kita cantumkan. Pada deretan rekomendasi itu, biasanya muncul juga kata kunci pencarian yang sudah pernah kita gunakan sebelumnya, sehingga kita bisa mengaksesnya kembali dengan mudah.

Namun Google menilai fitur tersebut masih bisa dieksplorasi lebih jauh lagi. Hasil pemikirannya melahirkan fitur bernama Activity Card. Activity Card akan muncul ketika pengguna mengakses kata kunci pencarian yang pernah digunakan sebelumnya. Di situ mereka dapat menemukan sederet tautan yang sempat dikunjungi pada sesi pencarian sebelumnya.

Untuk pencarian resep masakan misalnya, pengguna dapat dengan mudah membuka lagi resep yang sudah dicobanya, atau mereka juga bisa melanjutkan pencarian dan menemukan informasi baru, tapi masih dalam topik yang berkaitan.

Kalau memang tautannya sering sekali dibuka, pengguna juga dapat mengaksesnya kembali di kesempatan lain. Prinsipnya mirip seperti bookmark, dan semua konten yang disimpan dapat diakses melalui menu di atas kiri halaman Google Search di mobile, atau di toolbar bawah aplikasi Google.

Pengguna dibebaskan mengatur apa saja konten yang ditampilkan di Activity Card, semisal menghapus tautan yang sudah tidak dibutuhkan. Pembaruan ini memang terkesan sepele, tapi tetap sangat berguna terutama bagi yang sering mengulang-ulang sesi pencarian yang sama.

Untuk sekarang, Activity Card baru tersedia buat pengguna di Amerika Serikat, dan fitur ini rupanya dikhususkan untuk perangkat mobile (browser dan aplikasi Google), bukan desktop.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id