17 April 2015

by Glenn Kaonang

Google Search di Android Kini Berikan Rekomendasi untuk Mengunduh Aplikasi yang Relevan dengan Pencarian

Saat melakukan pencarian memakai aplikasi Google Search untuk perangkat Android, terkadang muncul link menuju aplikasi yang telah ter-install di perangkat. Fitur tersebut bernama App Indexing, dan bertujuan agar pengguna bisa mengakses konten yang tepat dalam aplikasi secara cepat.

Misalnya, Anda sedang mencari review sebuah restoran. Tuliskan namanya di Google Search, maka daftar hasil akan muncul seperti biasa. Di tengah-tengah hasil pencarian, akan tampak pilihan untuk melihat konten melalui sejumlah aplikasi yang sudah ada di perangkat Anda.

Sejauh ini, App Indexing telah berhasil mengemas sekitar 30 miliar link menuju konten dalam aplikasi. Namun Google masih belum mau berhenti menyempurnakan App Indexing.

Info menarik: Program “Designed for Families” Permudah Orang Tua Mencari Konten untuk Anak-Anaknya di Google Play

Selain menampilkan link menuju aplikasi yang sudah ter-install, fitur App Indexing milik Google Search di Android kini akan menampilkan link menuju Google Play sehingga pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut. Gampangnya, Google Search akan menampilkan tombol “Install” untuk sejumlah aplikasi yang mengemas konten yang relevan dengan hasil pencarian.

Yang menarik, usai aplikasi berhasil di-install, maka akan muncul tombol “Continue”. Tekan tombol tersebut, dan pengguna akan langsung dibawa menuju konten yang tepat di dalam aplikasi tersebut – konten yang sama dengan yang ditampilkan pada hasil pencarian Google Search sebelumnya.

Tentunya fungsi ini tidak akan aktif begitu saja tanpa campur tangan developer aplikasi. Mereka perlu mengintegrasikan fitur App Indexing ke dalam aplikasi buatannya terlebih dulu.

Harapannya, dengan penyempurnaan fitur App Indexing ini, developer aplikasi Android bisa menggaet lebih banyak konsumen-konsumen baru ke depannya. Di saat yang sama, pengguna juga akan semakin dipermudah dalam mencari informasi secara cepat.

Sumber: Google Webmaster Central Blog via CNET. Gambar header: Yeamake/Shutterstock.com.