Categories

Internet

Google Search Kini Beri Label Khusus pada Gambar Hoax

Kalau ada hasil pencarian dari sumber yang melakukan cek fakta, Google akan mencantumkan label "Fact Check"

Glenn Kaonang - 24 June 2020

“Jangan percaya semua yang ada di internet”, kalimat tersebut paling sering saya lontarkan kepada orang-orang dekat yang kerap jadi korban hoax atau misinformasi. Di saat yang sama, untuk mengetahui apakah suatu artikel/gambar/video benar adanya, saya justru berkonsultasi ke internet.

Kedengarannya ironis memang, tapi itu mengindikasikan betapa luasnya jagat internet. Di satu sisi kita bisa mudah sekali tertipu oleh gambar-gambar hasil editan menggunakan Photoshop yang tersebar di internet, namun di sisi lain kita juga bisa menemukan beragam artikel yang membahas keaslian dari gambar-gambar tersebut di internet.

Terkait gambar yang sudah dimanipulasi ini, Google sebagai pintu gerbang internet bagi sebagian besar populasi Bumi sudah menyiapkan solusi untuk membantu menghindarkan kita dari gambar-gambar palsu yang beredar. Solusi yang dimaksud adalah fitur fact checking pada hasil pencarian gambar di Google.

Perhatikan label "Fact Check" di bawah thumbnail hasil pencarian / Google
Perhatikan label “Fact Check” di bawah thumbnail hasil pencarian / Google

Jadi saat mencari gambar di Google sekarang, beberapa hasil pencariannya telah dilengkapi label bertuliskan “Fact Check” di sebelah alamat situsnya. Saat diklik, tampilan preview-nya juga akan mencatumkan ringkasan informasi cek fakta yang terlampir pada gambar. Sumber gambarnya sendiri berasal dari publikasi-publikasi yang sudah menandai kontennya menggunakan metode tagging dari ClaimReview.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, label “Fact Check” ini tidak memengaruhi urutan hasil pencarian gambar. Gambar dengan label tersebut tidak selalu muncul di paling atas, sebab algoritma Google memang dirancang untuk menyajikan informasi yang paling relevan. Dengan kata lain, fitur ini tidak otomatis menghindarkan pengguna internet dari gambar hoax begitu saja.

Meski begitu, fitur ini semestinya bisa lebih memudahkan kita untuk mengecek kebenaran suatu gambar viral yang beredar di internet. Sebelum ini, Google juga sudah menerapkan fitur yang sama pada hasil pencarian secara umum maupun konten berita.

Jadi, besok-besok kalau Anda melihat suatu gambar viral yang tengah dibahas di grup WhatsApp keluarga dan Anda meragukan kebenarannya, coba deskripsikan saja gambar tersebut di Google Image Search, lalu lihat apakah ada beberapa hasil pencariannya yang menampilkan label “Fact Check”.

Sumber: Google. Gambar header: Pexels.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter