Categories

Mobile

Google Search Kini Bisa Mengenali Jam-Jam Sibuk di Suatu Lokasi

Glenn Kaonang - 31 July 2015

Saya yakin tidak ada seorang pun yang hobi mengantre. Mengantre adalah suatu kegiatan yang kita lakukan dengan terpaksa karena kita mempunyai kebutuhan yang sama dengan orang-orang lainnya.

Anda ingin menyantap seloyang pizza sehabis lembur di kantor? Saya juga. Anda membawa teman-teman sekantor, saya pun membawa satu keluarga. Alhasil, kita semua bertemu di satu tempat yang sama, menyesaki jalur antrian sebuah restoran pada jam 8 malam.

"Semua ini tidak perlu terjadi", demikian kira-kira kata Google. Mereka belum lama ini memberikan update sehingga Google Search bisa mengenali jam-jam sibuk di suatu lokasi. Agar lebih gampang, mari menyebut fitur ini dengan istilah "popular times".

Info menarik: Google Play Movies Sudah Tersedia di Indonesia, Sewa dan Beli Film Langsung di Perangkat Mobile

Sederhananya, hanya dengan bertanya ke Google, Anda sekarang bisa mengetahui kapan biasanya gym favorit Anda sedang ramai diisi para calon binaragawan. Atau kalau dalam kasus pizza tadi, Anda bisa mendapat info terkait jam-jam ramai suatu restoran cepat saji.

Fitur popular times ini tidak memerlukan aplikasi apa-apa. Menggunakan smartphone, Anda bisa langsung membuka browser dan ketikkan nama lokasi yang ingin Anda kunjungi di Google Search. Selanjutnya, selain menampilkan deskripsi singkat, alamat dan jam operasional suatu tempat usaha, Google juga akan menampilkan bagan popular times tadi. Di sini Anda bisa melihat pada jam berapa saja di hari apa biasanya tempat itu ramai dikunjungi orang.

Berdasarkan hasil percobaan pribadi, Google rupanya sudah mempunyai data popular times untuk beberapa lokasi di tanah air, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Sejauh pengamatan saya, data popular times ini seringkali hanya tersedia untuk tempat-tempat usaha yang mempunyai bangunan sendiri, bukan yang menumpang di dalam mall misalnya.

Akhir kata, kalau Anda seringkali dibuat frustasi oleh panjangnya antrian di restoran favorit. Anda bisa mencoba meniliknya terlebih dahulu di Google Search.

Via: TheNextWeb. Gambar header: Nexus 5 via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter