Categories

Mobile

Google Dikabarkan Garap Aplikasi Pencarian Versi Ringan

Google Search Lite masih menawarkan fungsionalitas yang nyaris sama namun dengan optimalisasi performa

Bambang Winarso - 19 August 2017

Tren aplikasi lite yang direpresentasikan sebagai versi ringan sudah banyak menjangkiti layanan-layanan internet populer dalam beberapa tahun terakhir. Facebook paling agresif karena punya Facebook Lite dan Messenger Lite. Kemudian Microsoft tak mau ketinggalan, merilis Skype Lite. Lalu disusul Twitter, juga dengan imbuhan yang sama sehingga menjadi Twitter Lite. Terakhir ada Linkedln Lite yang juga dirancang untuk pengguna dengan keterbatasan jaringan dan perangkat.

Tak mau ketinggalan, Google dikabarkan juga sedang mempersiapkan diri untuk terjun di ranah yang sama. Menurut tangkapan AndroidPolice, Google diketahui telah mengiklankan ajakan ke pengguna di Indonesia untuk menjajal aplikasi rancangan baru yang disebut dengan Search Lite.

Search Lite yang bisa jadi bukan nama sesungguhnya, merupakan versi modifikasi dari aplikasi Google Search yang dioptimalkan untuk mereka yang memiliki kualitas jaringan yang buruk, kuota data yang terbatas atau kepemilikan perangkat dengan spesifikasi minimalis. Masih mengatongi label “experimental”, Search Lite menampilkan sebuah kolom pencarian yang dilengkapi dengan beberapa shortcut yang mengarah ke beberapa jenis konten termasuk berita, cuaca, situs-situs populer dan layanan terjemahan milik Google.

Meski kecepatan loading menjadi tujuan utama, Google tampaknya tak ingin melakukan pemangkasan ekstrim yang berpotensi mengurangi kenyamanan penggunaannya. Sehingga fitur seperti pencarian teks dan suara tetap dipertahankan bersama dengan rekomendasi kata kunci yang ditampilkan di bagian atas ketika pengguna mulai melakukan pencarian.

Panel pengaturan aplikasi juga memberikan alat bantu tambahan yang secara spesifik ditujukan untuk kenyamanan pengguna. Di salah satu bagian, terdapat pengaturan yang memungkinkan pengguna hanya menampilkan laman situs dalam ukuran yang ringan dan memaksa aplikasi untuk tetap menggunakan peramban internal ketimbang membuka di peramban pihak ketiga atau default. Ada juga modus Lite yang merupakan turunan dari Google Web Light, versi lain dari AMP yang dapat bekerja di semua situs tanpa keterlibatan pengembang situs.

Search Lite – jika kabar ini akurat, bukanlah yang pertama. Sebelumnya Google sudah lebih dulu meluncurkan YouTube Lite ke India yang kurang lebih mengemban misi yang sama.

Di banyak kesempatan peluncuran versi lite sebelumnya, India kerap jadi yang pertama. Kali ini, kita lebih beruntung dengan catatan kabar ini akurat. Silahkan coba unduh aplikasi Search Lite dari APKMirror atau langsung ke App Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter