1. Lifestyle

Google Segera Luncurkan Aplikasi Pengganti Google Drive Desktop

Aplikasi baru nantinya bakal dinamai Backup and Sync

Google Drive merupakan sebuah layanan yang menyuguhkan interface sederhana, tapi menawarkan kenyamanan untuk membuat backup dan berbagai berkas. Google juga sudah menyediakan aplikasi berbasis desktop untuk digunakan di komputer Windows dan Mac. Aplikasi ini membantu pengguna membuat cadangan berkas dan berbagi antar komputer. Hanya saja, fitur yang ditawarkan terbilang terbatas dan sederhana.

Tetapi rupanya Google tahu keinginan penggunanya dan sekarang telah menghadirkan aplikasi baru yang dinamai Backup and Sync. Menghadirkan fungsionalitas yang lebih untuk pengguna perangkat Windows dan juga Mac.

Aplikasi Backup and Sync dipersiapkan untuk menggantikan aplikasi Google Drive dan Google Photos Backup yang sekarang. Secara teknis, apa yang ditawarkan oleh aplikasi Backup and Sync tak jauh berbeda. Google mencoba menggabungkan kedua layanan dalam satu platform sehingga jauh lebih mudah dan terintegrasi. Backup and Sync bekerja sempurna dengan akun yang sedang digunakan dan mengintegrasikan pengaturan default Google Drive masing-masing pengguna di konsol Admin. Aplikasi juga tetap menyediakan fungsi auto-sync dan fitur penandaan untuk folder tertentu yang akan dimonitor oleh aplikasi secara berkala. Setiap ada perubahan, aplikasi akan melakukan diupdate secara instan ke cloud.

Google disebutkan bakal menggulirkan aplikasi baru ini secara bertahap mulai 28 Juni mendatang, dimulai dari pengguna standar dan bergerak perlahan ke pengguna korporat. Layanan Google Drive memberikan 15GB secara cuma-cuma kepada pengguna baru, yang sebenarnya sudah cukup memadai untuk backup harian yang tak begitu intens. Tetapi jika Anda membutuhkan ruang simpan yang lebih lega, Google punya paket seharga $19.99/tahun dengan ruang simpan seluas 100GB, atau jika paket ini dirasa kurang, Anda bisa memilih paket 1TB dengan banderol $99 per tahun.

Sumber berita Googleblog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again