30 January 2013

by Amir Karimuddin

Google Plus Sekarang Merupakan Jejaring Sosial Paling Aktif Nomor Dua Setelah Facebook

Global Web Index merilis laporannya tentang platform sosial dan jumlah pengguna aktifnya di kuartal keempat 2012. Seperti biasa, Facebook mendominasi daftar ini di berbagai sisi, tapi layanan apa yang berada di posisi kedua? Menurut laporan tersebut, Google Plus (Google+) memiliki pengguna aktif paling banyak setelah Facebook, diikuti oleh YouTube dan Twitter. Posisi sepuluh besar berikutnya dikuasai oleh layanan asal Cina, di mana LinkedIn menjadi satu-satunya layanan global di jajaran posisi enam hingga sepuluh.

Tentu saja fenomena ini menjadi menarik ketika Google Plus yang sempat disebut sebagai "kapal hantu" karena tidak banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia telah memiliki pengguna aktif 343 juta. Jumlah itu masih terpisah dengan pengguna aktif YouTube yang hampir sama banyaknya. Ini menunjukkan bahwa kedigdayaan Android (dan integrasinya dengan Google Plus) sangat membantu popularitas jejaring sosial Google yang diluncurkan 1.5 tahun yang lalu.

Meskipun demikian, Global Web Index mencatat bahwa terlihat penurunan (yang mulai signifikan) untuk jejaring-jejaring sosial lokal di luar produk Amerika Serikat dan Cina. mig33 dan layanan Koprol (yang seharusnya sudah mati suri) merupakan jejaring sosial lokal dan regional yang tercantum perkembangannya dalam daftar yang disusun oleh lembaga ini.

[sumber gambar header]