Categories

Mobile

Google Sempurnakan Assistant di KaiOS Serta Hadirkan Integrasinya di Android Messages

Pengguna ponsel KaiOS kini dapat mengaktifkan fitur Voice Typing

Glenn Kaonang - 27 February 2019

Tiga tahun lalu, Google Assistant belum eksis, dan kita baru mengenal cikal bakalnya yang kala itu masih bernama Google Now. Sekarang, Assistant sudah merambah banyak perangkat sekaligus, termasuk halnya feature phone berkat sistem operasi yang bernama KaiOS.

Google sendiri merupakan salah satu investor besar KaiOS, dan itu berarti mereka bisa mengembangkan fungsi-fungsi Assistant pada feature phone secara leluasa. Yang terbaru, mereka menghadirkan fitur Voice Typing di KaiOS sehingga Assistant dapat menerjemahkan percakapan lisan pengguna menjadi teks.

Juga menarik adalah fitur di mana pengguna dapat mengakses menu-menu ponsel dalam bahasa Inggris, akan tetapi di saat yang sama berkomunikasi dengan Assistant menggunakan bahasa ibunya masing-masing. Jadi semisal kita lebih nyaman menginstruksikan Assistant menggunakan bahasa Indonesia, kita tidak harus dibuat bingung oleh menu-menu ponsel yang terkadang terjemahan Indonesianya terdengar aneh.

Setelah Google Maps, Assistant bakal terintegrasi ke aplikasi Messages bawaan Android / Google

Dalam beberapa bulan ke depan, Assistant pada KaiOS (dan Android 9 Pie Go Edition) juga akan kebagian jatah fitur Actions. Supaya lebih maksimal, Google juga telah bekerja sama dengan developer dan brand lokal untuk menciptakan deretan Actions yang lebih relevan dengan masing-masing pengguna di beragam kawasan.

Semua ini merupakan bagian dari upaya Google untuk terus mengakselerasi progress ekspansi Assistant. Di luar KaiOS, Google juga secara perlahan mengintegrasikan Assistant ke aplikasi-aplikasi bikinannya, diawali dengan Google Maps dan kini berlanjut ke aplikasi Messages bawaan Android.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter