Google tampaknya sedang mempersiapkan rencana cadangan untuk jaga-jaga jika Hangouts ditinggalkan oleh penggunanya. Sejauh ini kekhawatiran Google cukup beralasan mengingat popularitas Google Hangouts tak bisa disebut istimewa untuk sebuah layanan milik perusahaan sekelas Google. Untuk itu, Google dikabarkan sudah merilis sebuah aplikasi baru bernama Meet by Google Hangouts, sebuah layanan yang dirancang untuk kalangan korporat yang hendak melakukan panggilan video berkualitas tinggi.

Meet by Google Hangouts menjadi produk terbaru yang dihadirkan dalam paket G Suite yang ditawarkan untuk pebisnis. Dari pantauan Dailysocial, aplikasi Meet belum dijumpai di toko-toko aplikasi mobile, tapi Google sudah mempersiapkan situs khusus di meet.google.com yang sepertinya menjadi cikal bakal pusat layanan baru teruntuk platform desktop.

Meet by Google Hangouts_2

Halaman baru Meet by Google Hangouts mempunyai sentuhan bercirikan Google Hangouts, tapi layanan utamanya belum dapat digunakan. Situs hanya memperbolehkan pengguna untuk memasukkan kode untuk bergabung ke dalam panggilan video dan menampilkan daftar meeting yang sudah dijadwalkan. Berbeda dengan Hangouts, Meet mampu menampung hingga 30 orang anggota dengan kualitas video HD.

Meet sendiri tampaknya sengaja dirancang agar mudah digunakan untuk melakukan panggilan. Di depan, aplikasi menampilkan tombol dial dan menampilkan informasi panggilan mulai durasi panggilan, waktu, subyek dan lain-lain. Meet juga menampilkan sebuah tombol hijau berlabel “Join” yang disiapkan untuk membantu pengguna bergabung ke rapat.

Namun Google sendiri belum secara resmi memperkenalkan Meet ke khalayak. Pun demikian, dengan diluncurkannya situs utamanya, kita mungkin akan mendengar pengumuman resmi dari Google dalam waktu dekat.

Sumber berita Techcrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.