18 September 2018

by Glenn Kaonang

Semua Pengguna Android Kini Bisa Nikmati Fitur Penebak Lagu ala Pixel 2

Berkat perpaduan sistem berbasis cloud dan machine learning

Saat Google memperkenalkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL tahun lalu, ada satu fitur sepele yang cukup mencuri perhatian. Namanya Now Playing, dan fungsinya untuk mengenali lagu yang sedang diputar di sekitarnya. Yang istimewa, Now Playing bisa aktif dengan sendirinya dan tidak memerlukan koneksi internet.

Fitur ini dimungkinkan berkat kapabilitas machine learning bawaan perangkat. Meski demikian, ini juga berarti kapabilitas Now Playing cukup terbatas karena tidak dibantu jaringan cloud, sehingga jumlah lagu yang dapat dikenalinya hanya berkisar puluhan ribu saja.

Google pun memutuskan untuk memadukan kebaikan keduanya: kemampuan jaringan cloud menampung database lagu dalam jumlah masif (Sound Search, hingga puluhan juta lagu), dengan kemampuan machine learning mengenali lagu secara cepat dan efisien (Now Playing). Hasilnya sudah bisa dinikmati semua pengguna perangkat Android via Google Assistant, bukan cuma di seri Pixel saja.

Jadi ketika ada lagu yang sedang diputar di sekitar, kita hanya perlu mengaktifkan fitur voice search di aplikasi Google Search maupun Google Assistant, lalu pilih rekomendasi pertanyaan “What’s this song?” yang otomatis muncul. Cara lain bisa dengan langsung menanyakan “Hey Google, what’s this song?”, atau dengan menambahkan shortcut Sound Search ke home screen.

Google bilang bahwa hasilnya bakal muncul lebih cepat dari biasanya sekaligus lebih akurat. Itu dikarenakan Google telah memperbesar neural network yang digunakan hingga empat kali lipat, plus menyempurnakan teknik “audio fingerprinting” yang digunakannya. Ke depan, Google berniat menyempurnakan kinerja fitur ini di lokasi yang cukup berisik.

Sumber: VentureBeat dan Google.