Categories

Internet

Gandeng Kreator Shaun the Sheep, Google Hadirkan Video 360 Derajat Interaktif ke YouTube

Mengemas 10 subplot, 3 cara untuk melihat ending dan 60 momen yang bisa diikuti dengan cara berbeda

Glenn Kaonang - 23 December 2015

Bulan kemarin, YouTube secara resmi menghadirkan dukungan virtual reality pada YouTube. Tapi itu saja rupanya belum bisa memenuhi hasrat Google terhadap kecanggihan VR. Baru-baru ini, mereka membawa Google Spotlight Stories ke YouTube.

Spotlight Stories sendiri pada dasarnya merupakan format video 360 derajat yang interaktif. Dikembangkan oleh divisi Google ATAP (Advanced Technology and Projects), misi Spotlight Stories adalah mengubah smartphone menjadi jendela menuju sebuah cerita yang terjadi di sekeliling pengguna.

Spotlight Stories pertama yang mampir ke YouTube adalah “Special Delivery”, bertepatan dengan perayaan Natal yang sudah tinggal hitungan hari. Film pendek ini digarap oleh Aardman Animations, yang amat terkenal berkat seri “Wallace and Gromit” dan “Shaun the Sheep”.

Lalu apa beda Spotlight Stories dengan video 360 derajat biasa? Menurut Google, pengalaman interaktifnya dapat membuka 10 subplot, 3 cara untuk melihat ending, dan lebih dari 60 momen dimana Anda bisa mengikuti cerita dengan cara yang berbeda.

Intinya, Anda diminta untuk menggerak-gerakkan smartphone guna berfokus pada bagian tertentu dalam video. Mengingat akan ada banyak sekali yang terjadi dalam satu kesempatan, tampaknya video ini tidak cukup hanya ditonton sekali.

Selama Anda punya perangkat Android yang masuk dalam daftar ini, Anda bisa menikmati pengalaman interaktif yang ditawarkan Spotlight Stories, seperti mengintip ke sebuah jendela, membuntuti karakter yang berbeda, serta mendengarkan suara tiga dimensi.

Supaya semuanya kebagian jatah, Google juga menghadirkan versi 360 derajat standar yang bisa dinikmati oleh perangkat lainnya, termasuk di web. Dan tentu saja, semuanya tak akan lengkap tanpa dukungan Google Cardboard.

Tonton juga video pembuatannya di bawah ini:

Sumber: YouTube Blog dan TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id