19 October 2012

by Amir Karimuddin

Google Tambah Lagi Partner Kerjasama Billing Operator untuk Google Play

Langkah yang bagus dilakukan oleh Google untuk meningkatkan rata-rata penjualan konten di Google Play. Google mengkonfirmasi kerjasama dengan Verizon untuk menawarkan sistem billing operator bagi para pengguna Android. Dengan sistem ini, setiap pembelian akan ditagihkan langsung ke tagihan bulanan. Alternatif bagi pengguna prabayar, setiap pembelian di Google Play akan dipotong langsung terhadap pulsa/credit yang dimiliki.

Ini merupakan kali ketiga Google melakukan hal yang sama. Sebelumnya awal tahun ini, Google telah bekerja sama dengan T-Mobile USA dan Sprint -- semuanya operator di Amerika Serikat. Saya pikir jika semuanya merasa langkah ini positif, bakal ada kesempatan untuk mengembangkan langkah serupa ke negara lain, termasuk Indonesia di mana mayoritas penduduknya tidak memiliki kartu kredit dan menggunakan skema prabayar.

Saya sempat menulis soal ini di DailySocial. Intinya jika ingin meningkatkan pertumbuhan penggunaan Google Play di Indonesia, Google harus bersinergi dengan operator lokal untuk mewujudkan sistem billing operator -- bukan sekedar penggunaan e-wallet karena skemanya dirasa lebih sulit ketimbang penggunaan "potong pulsa".