Categories

Gadget

Google Tambahkan Dukungan Controller Xbox One di Android Pie

Bug terkait masalah mapping tombol sudah diberantas.

Yoga Wisesa - 27 August 2018

Sebagai update besar kesembilan untuk sistem operasi perangkat bergerak Google, Android Pie diracik buat mengoptimalkan kapabilitas kecerdasan buatan. Pie kabarnya mampu beradaptasi sesuai preferensi pengguna, sanggup memprediksi hal-hal yang akan Anda lakukan, serta mem-buat pemakaian daya lebih efisien. Sistem akan menjadi bertambah pintar seiring pemakaian.

Namun menariknya, update Pie juga tidak terbatas pada aspek AI saja. Ada kabar gembira buat para gamer: XDA-Developers mengabarkan bahwa melalui rilis terbaru Pie, Google kini secara resmi mendukung controller 'new' Xbox One di smartphone Android. Dengan begini, gamepad buatan Microsoft untuk consolecurrent-gen mereka bisa kompatibel penuh ke handset via sambungan Bluetooth.

Kompatibilitas controller Xbox One 'S' ke perangkat Android memang sudah lama diharapkan oleh gamer, bermula dari fakta bahwa Microsoft memilih buat mengusung teknologi Bluetooth standar di periferal itu. Beberapa game telah dapat dikendalikan menggunakan aksesori ini, tapi pengalaman penggunaan gamepad masih jauh dari kata sempurna karena waktu itu terdapat cukup banyak kendala terkait mapping tombol.

Bug tersebut dilaporkan oleh para pengguna dan tepat dua tahun setelah terdeteksi, Google akhirnya memberikan solusi tepat di tanggal 22 Agustus minggu lalu melalui pengumuman seorang teknisi: "Bug sudah berhasil diberantas di [Android] P."

Yang menarik lagi, penambahan dukungan controller Xbox One S tiba setelah pemberitahuan Epic Games terkait rencana developer membubuhkan support periferal kendali Bluetooth buat Fortnite. Belum diketahui pasti kapan tepatnya fitur ini akan hadir, namun gamepad Microsoft itu hampir bisa dipastikan dapat menjadi alat gamer menikmati permainan battle royale populer tersebut.

Dengan kompatibilitas penuh ke perangkat Android, controller Xbox One S boleh dikatakan sebagai alat kendali spesialis game paling fleksibel yang tersedia di pasar saat ini. Selain platform game current-gen Microsoft, periferal ini bisa langsung tersambung ke PC berbasis Windows 10 tanpa memerlukan proses instalasi. Di PC, controller Xbox One siap menyuguhkan mode wireless dan wired via kabel USB.

Kehadiran dukungan controller Xbox One tentu saja merupakan kabar gembira bagi mereka yang sudah mempunyai periferal tersebut. Di Indonesia, gamepad Xbox One S dibanderol hampir setara harga DualShock 4 buat PS4 (produk Microsoft itu cenderung sedikit lebih mahal). Dengan sedikit utak-utik dan pemakaian app third-party, DualShock 4 sebetulnya juga dapat digunakan di PC serta Android.

Via CNET & The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter