Categories

Berita

Google Tambahkan Pengaturan Untuk Tampilan Percakapan Inbox di Gmail

Wiku Baskoro - 30 September 2010

Google akan manambahkan pilihan bagi layanan email mereka yang berhubungan dengan cara penyajian email. Jika Anda pengguna Gmail, mungkin Anda adalah salah satu pengguna yang merasakan manfaat dari cara penyajian email yang ditampilkan dalam bentuk percakapan, atau conversation view, yang memungkinkan email terkelompokkan dalam satu susunan sehingga lebih mudah untuk melacak email yang terkelompokkan dalam satu topik, atau satu rangkaian kirim-mengirim email.

Namun, ternyata tidak semua pengguna Gmail terbantukan dengan fitur ini, seperti yang dituliskan oleh Google dalam blog resmi mereka, banyak 'veteran' pengguna email, atau yang menggunakan email sejak lama, mungkin sebelum ada Gmail, lebih memilih tampilan klasik, bukan tampilan percakapan yang dipunyai oleh Gmail.

Oleh karena itu, mulai saat ini Google akan memberikan pilihan pada para pengguna mereka untuk mengatur tampilan email, apakah akan mengunakan fitur percakapan atau akan menggunakan tampilan klasik. Fasilitas ini bisa ditemukan pada bagian pengaturan di Gmail. Nantinya pengguna bisa mengubah tampilan email ini lalu menyimpan pengaturan yang telah dilakukan, jika berubah pikiran untuk kembali ke versi percakapan, Anda bisa mengatur dan menyimpan pengaturannya kembali ke versi awal.

Saya sendiri sebenarnya lebih menyukai tampilan inbox Gmail versi percakapan, ini adalah salah satu fitur yang membuat saya meninggalkan atau berubah haluan untuk menjadikan Gmail sebagai layanan surel utama yang saya gunakan, namun pengguna Gmail masih kalah banyak dibandingkan layanan email lain yang notabene masih menggunakan tampilan klasik, selain itu seperti yang dijelaskan Google, pilihan untuk mengubah ke bentuk klasik tampilan inbox Gmail juga diberikan sebagai layanan bagi para pengguna yang telah lama akrab dengan, misalnya layanan Outlook.

Penambahan pilihan ini tentu saja sebagai salah satu cara Google untuk semakin mendekatkan layanan Gmail pada pengguna, serta memberikan daya tarik untuk mendapatkan pengguna baru, setelah beberapa fitur 'modern' seperti Priority Inbox, Google terus mengembangkan layanan Gmail agar semakin lengkap dan terintegrasi dengan berbagai layanan mereka. Penyedia jasa layanan email lain pun tidak ketinggalan untuk memperbaharui fitur serta tampilannya, seperti Yahoo! yang juga akan melakukan perombakan pada layanan Yahoo! Mail milik mereka.

Pengaturan tampilan percakapan email dari Gmail ini belum semuanya bisa dinikmati oleh pengguna Google, seperti biasa mereka merilisnya secara bertahap dalam beberapa hari kedepan. Bagaimana pendapat Anda, saya sendiri penasaran dengan pengguna layanan email di Indonesia, apakah Anda lebih memilih tampilan klasik atau tampilan percakapan a la Google?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter