1 March 2017

by Glenn Kaonang

Google Tidak Punya Rencana untuk Melanjutkan Lini Chromebook Pixel

Andai ke depannya ada laptop buatan Google lagi, bisa dipastikan namanya tidak menggunakan branding "Pixel"

Saat Google memperkenalkan Pixel dan Pixel XL pada bulan Oktober lalu, saya sempat bertanya dalam hati apa yang bakal terjadi pada lini Chromebook Pixel. Pasalnya, Google sudah cukup lama bungkam mengenai perkembangan laptop Chrome OS premiumnya itu, meski belakangan beredar rumor bahwa Google sedang mengerjakan laptop baru dengan OS baru pula, yaitu Pixel 3.

Namun sepertinya rumor tersebut sedikit meleset. Baru-baru ini, Senior Vice President of Hardware Google, Rick Osterloh, buka omongan terkait nasib lini Chromebook Pixel. Kepada sejumlah jurnalis di event MWC 2017, beliau menyampaikan bahwa Google tidak punya rencana untuk mengerjakan laptop baru dalam waktu dekat ini.

Ini bukan berarti Google sudah menyerah sepenuhnya di segmen laptop. Chrome OS masih akan terus dikembangkan, dan Chromebook dari brand lain juga masih akan terus dipasarkan. Hanya saja, kiprah Chromebook Pixel harus terhenti di generasi kedua.

Kembali ke rumor mengenai Pixel 3, sedikit meleset bukan berarti salah total. Ke depannya mungkin masih akan ada laptop rancangan Google sendiri, namun andai saja benar saya ragu mereka bakal menamainya Pixel, apalagi mengingat nama tersebut sekarang sudah banyak diasosiasikan dengan smartphone terbaru Google yang terbilang sukses di pasaran.

Anda boleh berkata Chromebook Pixel adalah produk gagal, namun pada kenyataannya Google memang tidak berniat menjualnya dalam jumlah banyak. Saya pribadi cukup yakin kalau peran perangkat tersebut bukan untuk mencari untung, tetapi lebih ke menjadi bukti bahwa Google juga bisa membuahkan perangkat yang terintegrasi hardware sekaligus software-nya.

Sumber: TechCrunch.