Categories

Internet

Google Translate Hadirkan Fitur Live Transcription

Seminar dalam bahasa asing dapat dibuatkan transkrip sekaligus terjemahannya secara real-time

Glenn Kaonang - 18 March 2020

Google Translate kedatangan fitur baru yang sangat berguna, yakni live transcription. Sempat didemonstrasikan pada bulan Januari kemarin, fitur ini memungkinkan Translate untuk membuatkan transkrip dari audio yang sedang didengar, dan di saat yang sama menampilkan hasil terjemahannya.

Semuanya berlangsung secara real-time. Jadi semisal Anda sedang mendengarkan sebuah seminar yang dibawakan dalam bahasa asing (yang kurang begitu Anda pahami), pakai saja fitur ini. Syaratnya cuma dua: unduh update versi terbaru aplikasi Google Translate, dan pastikan perangkat tersambung ke internet.

Pada versi terbarunya, terdapat icon “Transcribe” di halaman utamanya. Klik icon tersebut, maka Anda akan diminta untuk memilih bahasa sumber dan bahasa tujuannya. Sejauh ini baru ada 8 bahasa yang didukung fitur ini: Inggris, Perancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

Pengguna dapat mengubah ukuran teksnya, atau mengganti tampilannya menjadi serba gelap. Google bilang bahwa untuk sekarang fitur ini baru bisa bekerja secara maksimal di kondisi yang tidak terlalu ramai, dan yang hanya melibatkan satu pembicara saja.

Kalaupun transkrip beserta hasil terjemahannya tidak 100% akurat, setidaknya kita masih bisa memahami intisari dari seminar/ceramah/presentasi yang disampaikan berkat fitur ini. Semoga saja Google bisa dengan cepat menambahkan ragam bahasa yang didukung fitur live transcription.

Perlu dicatat bahwa fitur ini untuk sementara baru tersedia di Google Translate versi Android saja. Versi iOS-nya dikabarkan bakal menyusul, tapi belum bisa dipastikan kapan.

Sumber: Google.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter