Categories

Berita

Tanpa Koneksi Internet Google Translate Dapat Diakses secara Real-time

Harus mengunduh paket offline Bahasa Indonesia lebih dahulu, juga menambahkan teknologi visual

Michael Erlangga - 31 July 2015

Google menyematkan teknologi visual untuk aplikasi Google Translate untuk Bahasa Indonesia. Implementasi ini sebelumnya juga berlaku pada 26 bahasa sebelumnya. Aplikasi yang telah tersedia di platform Android dan iOS ini nantinya pengguna bisa menerjemahkan teks tanpa harus mengetiknya, juga tanpa akses Internet.

“Kami sadar kalau pengguna paling membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung pada Internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran. Kami bekerja keras untuk terus memberi pengalaman baru sesuai kebutuhan pengguna, maka kami senang sekali bisa menyediakannya bagi pengguna di Indonesia,” kata Google Translate Product Manager Julie Catteau, pada siaran pers yang kami terima (30/7).

Pengguna cukup mengakses aplikasi Google Translate di ponsel Android dan iOS, kemudian tekan ikon kamera lantas mengarahkannya pada teks Bahasa Inggris yang ingin diterjemahkan, misalnya rambu jalan, menu restoran, atau resep. Secara langsung hasil kalimat akan bertransformasi ke Bahasa Indonesia di layar ponsel.

Namun perlu diperhatikan, ketika tim kami melakukan percobaan terhadap aplikasinya, Google Translate mewajibkan pengguna untuk mengunduh paket Bahasa Indonesia terlebih dahulu dengan ukuran sekitar 250 MB. Jumlah yang cukup besar dan jelas akan memotong banyak kuota data seluler jika Anda tidak sedang terhubung pada koneksi Wi-Fi. Setelah mengunduh offline package Bahasa Indonesia, Anda bisa memanfaatkannya tanpa koneksi Internet. Skema yang menurut Google dapat dimanfaatkan ketika berada di daerah asing dan koneksi Internet kurang stabil.

“Setengah dari konten Internet tersedia dalam Bahasa Inggris, tapi hanya 20% dari populasi dunia yang fasih berbahasa Inggris,” tambah Julie. Ia melanjutkan, “Semoga usaha kami ini bisa membantu Anda berkomunikasi dan menemukan informasi yang Anda butuhkan, di mana pun dan kapan pun Anda membutuhkannya.”

Bagi yang kurang nyaman menggunakan kamera dari fitur visual, Google Translate turut menyempurnakan fitur mode percakapan menjadi lebih lancar dan netral pada koneksi Internet yang kurang baik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam dua bahasa yang berbeda, yang nantinya akan diterjemahkan oleh Google Translate secara real-time.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter