9 May 2013

by wiku

Google Translate Sediakan Terjemahan Bahasa Jawa

Google menambahkan dukungan atas lima bahasa baru dalam layanan penerjemah Google Translate mereka. Dari lima bahasa baru ini salah satunya adalah bahasa daerah asal Indonesia yaitu bahasa Jawa.

Dalam pengumuman resmi, Google mengatakan bahwa kini mereka telah memberikan dukungan atas lebih dari 70 bahasa dalam layanan Google Translate.

Tambahan lima bahasa baru tersebut antara lain adalah:

  • Bosnia adalah bahasa resmi di Bosnia dan Herzegovina yang juga digunakan di berbagai wilayah negara tetangga serta komunitas diaspora di seluruh dunia.
  • Cebuano adalah salah satu bahasa yang digunakan di Filipina, terutama di daerah pusat (Visayas) dan selatan (Mindanao).
  • Hmong adalah bahasa yang dituturkan di banyak negara, termasuk Cina, Vietnam, Laos, Thailand dan di beberapa bagian Amerika Serikat.
  • Jawa adalah bahasa kedua yang paling digunakan di Indonesia dengan 83 juta penutur asli.
  • Marathi digunakan di India dan memiliki 73 juta penutur asli. Google Translate sudah mendukung beberapa bahasa India lainnya: Bengali, Gujarati, Hindi, Kannada, Tamil, Telugu dan Urdu.

Namun demikian, sebagian bahasa baru ini - kecuali bahasa Bosnia - masih dalam versi 'alpha', jadi kualitasnya masih belum maksimal. Namun Google mengatakan bahwa mereka akan terus menguji dan meningkatakan akurasi berbagai bahasa tersebut. Google juga menyebutkan bahwa mereka akan terus menambah tambahan bahasa baru di layanan Google Transalte.

Google Transalate sendiri bisa diakses lewat web, perangkat Android dan iOS serta lewat Chrome dan Gmail.