19 March 2014

by Bambang Winarso

Google Umumkan 'Android Wear', Debut Perdana di Smartwatch Moto 360

Google kini semakin masuk ke ranah wearable device dengan meluncurkan sebuah platform kembangan Android bernama Android Wear yang dirancang khusus untuk wearable device. Platform baru ini akan debut perdana bersama smartwatch buatan Motorola, Moto 360 yang mendarat di Amerika tahun ini juga.

Tak sulit untuk menebak konsep Android Wear, dari namanya kebanyakan orang akan mudah memberikan opini untuk apa platform ini dirancang. Untuk awal, Android Wear ini akan diimplementasikan pada perangkat smartwatch. Namun tentunya Anda bertanya-tanya, fitur apa sih yang diboyong oleh Android Wear. Dikutip dari blog resmi Google, ini dia beberapa 'kepintaran' yang dibawa oleh Android Wear:

  • Yang pertama terkait kebutuhan personal, di mana sistem mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengguna di saat itu juga. Misalnya konten berita, pesan singkat, gaya hidup, aplikasi foto dan lain sebagainya.
  • Berikutnya berupa kemampuan untuk melakukan eksekusi operasi melalui perintah suara 'Oke Google', sistem ini memiliki kecerdasan untuk merespon jawaban dari pengguna untuk berbagai operasi, misalnya mengirim pesan, memesan restoran, mengatur alarm atau mendapatkan informasi hasil pertandingan olahraga terkini.

 

Info Menarik: Indobooks dan Telkomsel Tawarkan Skema Pengunduhan Majalah Sepuasnya dengan Biaya Tetap

 

  • Terdapat pula sistem pendukung kesehatan yang akan memonitor kesehatan pengguna. Sistem di dalam Android Wear dapat terintegrasi dengan aplikasi kesehatan guna memberikan informasi secara cepat dan real time, misalnya jarak yang sudah Anda tempuh baik berjalan kaki, berlari atau bersepeda.
  • Platform Android Wear tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mengakses perangkat tertanam, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan perangkat lain, misalnya memutar film ke layar televisi dan tidak menutup kemungkinan kemampuan lain yang secara terbuka dapat dikembangkan oleh vendor perangkat lain.

Bersamaan dengan pengumuman proyek Android Wear, Google juga merilis dua buah video yang memamerkan seperti apa tampilan tatap muka Android Wear.

Fitur konfirmasi suara OK Google merupakan salah satu fitur yang paling menarik perhatian, apalagi jika diterapkan ke wearable device khususnya smartwatch. Setiap kali Anda membutuhkan sesuatu, cukup dengan mengatakan 'OK Google' dan perintah sesuai kebutuhan maka perangkat akan memberikan apa yang Anda butuhkan misalnya seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mengirim pesan, memesan restoran, mengatur alarm atau mendapatkan informasi hasil pertandingan olahraga terkini.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Menghapus Cache di Mozilla Firefox

 

Google membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi pengembang untuk bergabung dan mencicipi versi preview dengan menyiapkan halaman khusus yang bisa diakses di tautan ini, lalu siapakah vendor pertama yang beruntung mendapatkan sentuhan pertama Android Wear? Jawabannya adalah Motorola.

Tak mengejutkan, sebab Motorola pernah menjadi milik Google dan mengeluarkan dua produk Moto G dan Moto X, meski kini Motorola akan dibeli Lenovo.

Melalui blog resminya, Motorola memperkenalkan Moto 360 sebagai perangkat smartwatch pertama yang dibekali platform baru Android Wear.

Moto 360 mempunyai tampilan luar bulat bergaya analog, sedikit berbeda jika dibandingkan dengan rancangan merek lain. Namun terlihat elegan. Tampilan Moto 360 boleh berbeda dengan smartwatch lainnya, tetapi dari sisi fitur secara umum tak jauh berbeda. Moto 360 juga mendukung perintah suara khususnya 'OK Google', notifikasi pesan dan email, petunjuk arah dan mungkin juga pendukung kesehatan.

Perangkat perdana Motorola di ranah wearable device ini diperkirakan akan siap rilis di tahun 2014, Amerika Serikat akan menjadi negara pertama yang mencicipi Moto 360.

Sayangnya belum ada rincian mengenai komponen baterai, ketersediaan warna, atau resolusi layar. Namun Motorola menyediakan halaman khusus Moto 360 yang bisa Anda akses di tautan ini, di mana Anda dapat mendaftarkan email agar mendapatkan pemberitahuan saat perangkat ini resmi diluncurkan ke pasar.

 

Info Menarik: Marc Whitten, Otak di Belakang Xbox Resmi Tinggalkan Microsoft

 

Untuk saat ini, Anda dapat melihat sekilas rupa Moto 360 melalui video ini.

Selain Motorola, vendor perangkat lain seperti LG, HTC, Asus dan Samsung juga sudah siap bergabung dan menjajal Android Wear. Bahkan LG sudah mengambil ancang-ancang dengan menamai perangkatnya LG G Watch. Wah, sepertinya kita harus bersiap-siap diserbu berbagai perangkat smartwatch baru di tahun 2014 ini.

Sumber berita Googleblog, Motorola-Blog dan gambar header Motorola.