Categories

Gadget

Google Ungkap VR Headset Baru dengan Controller Inovatif, Daydream View

Merupakan teman yang ideal untuk smartphone Pixel dan Pixel XL

Glenn Kaonang - 5 October 2016

Google resmi mengungkap duo smartphone terbarunya, Pixel dan Pixel XL semalam (4/10). Dalam presentasinya, ada lima aspek yang menjadi unggulan smartphone berlabel "Made by Google" tersebut. Salah satunya adalah virtual reality, dan bersamanya, hadir sebuah VR headset baru bernama Daydream View.

Daydream View adalah headset pertama yang diciptakan untuk platform Daydream, yang pada dasarnya merupakan upaya Google dalam menciptakan sebuah platform VR terstandarisasi. Dirancang dan dikembangkan oleh Google sendiri, Daydream View datang bersama sebuah controller mini yang inovatif.

Desain merupakan elemen penting bagi Daydream View. Selain tampak stylish, ia diklaim sangat nyaman dikenakan, bahkan oleh pengguna berkacamata sekalipun. Bobotnya diyakini 30 persen lebih ringan ketimbang perangkat serupa – dugaan saya yang dimaksud adalah Samsung Gear VR.

Daydream View bisa digunakan oleh pengguna berkacamata dengan nyaman / Google

Untuk sekarang, smartphone yang kompatibel baru Pixel dan Pixel XL, tapi ke depannya Daydream View juga bisa digunakan dengan smartphone lain yang mengusung label "Daydream-ready". Saat sedang tidak digunakan, controller-nya bisa diselipkan ke bagian depannya supaya tidak mudah hilang.

Sejatinya controller inilah yang sangat membedakan Daydream View dengan VR headset berbasis ponsel lain yang ada di pasaran sekarang. Meski ukurannya kecil, controller ini dilengkapi sederet sensor guna mengenali dan membaca pergerakan tangan pengguna secara akurat.

Dalam game eksklusif Fantastic Beasts and Where to Find Them misalnya, controller akan berperan sebagai tongkat sihir dalam game, dimana Anda bisa mengayunkannya atau menunjuk ke titik tertentu. Begitu akuratnya controller ini, Google mengklaim Anda bisa memakainya untuk menggambar dalam VR.

Daydream View tersedia dalam tiga pilihan warna: Snow, Slate dan Crimson / Google

Bersamaan dengan itu, Google berjanji akan menyediakan konten yang melimpah untuk Daydream, baik yang mereka kembangkan sendiri bersama para YouTuber maupun hasil karya mitra-mitranya. Sederhananya, kita bakal melihat kemunculan lebih banyak game yang memaksimalkan kapabilitas Daydream Controller.

Daydream View bersama controller-nya akan dipasarkan mulai November mendatang seharga $79 di lima negara: Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Jerman dan Australia. Ada tiga warna yang bisa dipilih: Slate, Snow dan Crimson. Sayangnya sejauh ini belum ada informasi mengenai ketersediaannya di tanah air.

Sumber: Google Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter