30 September 2014

by Oki Rosgani

GoPro Hadirkan Versi Baru, Seri Hero 4 Siap Hadir Bulan Oktober

GoPro adalah kamera aksi atau action camera yang semakin dikenal konsumen umum. Perangkat kamera ini biasanya digunakan untuk merekam adegan-adegan aksi menegangkan dari penggunanya atau sudut-sudut yang tidak bisa dijangkau kamera biasa.

GoPro bersiap untuk merilis model baru untuk konsumen yang disebut sebagai GoPro Hero 4. Rencananya kamera GoPro Hero 4 ini akan hadir pada awal bulan Oktober dalam tiga model, yakni Hero 4 Black, Hero 4 Silver dan Hero 4 White untuk selanjutnya model ini hanya disebut sebagai Hero saja.

Lalu, fitur baru apa saja yang akan hadir pada kamera GoPro Hero 4 ini? Kamera ini akan hadir dengan kemampuan prosesor dua kali lebih cepat dari prosesor yang ada pada versi sebelumnya.

Untuk kamera GoPro Hero 4 Black memiliki kemampuan dan spesifikasi lebih tinggi dari kamera GoPro Hero 4 Silver sedangkan versi yang paling rendah adalah GoPro Hero 4 yang hanya memiliki kemampuan untuk merekam video dengan fitur-fitur standar. Dimana masing-masing model itu memiliki segmen Professionals, prosumer/consumers, dan entry level.

 

Info menarik: Perjalanan Awal Hidup Steve Jobs dalam Sebuah Infografis

 

Kamera GoPro Hero 4 Black memiliki kemampuan untuk merekam video 4K dengan kecepatan 30fps. Namun jika anda ingin merekam kamera dengan kualitas 1080p, maka kamera GoPro Hero 4 dapat jadi pilihan untuk bisa menghasilkan video dengan 240 fps. Sedangkan Kamera GoPro Hero 4 Silver memiliki kemampuan layar sentuh untuk memudahkan pengoperasian.

Pada kamera GoPro Hero 4 (premium) sejumlah fitur baru juga telah ditambahkan, beberapa diantaranya adalah hadirnya fitur "Highlight Tag". Dengan fitur ini pengguna bisa menandai momen-momen menarik dari video yang tengah mereka ambil dengan menekan tombol WiFi yang ada pada sisi sebelah kiri.

Fitur ini memungkinkan pengguna yang akan meng-import video melalui bantuan aplikasi GoPro Studio, untuk lebih mudah dalam menemukan momen-momen yang telah ditandai tadi.

Selain itu, kehadiran fitur GoPro Protune telah menambahkan opsi yang lebih dalam terhadap hasil kamera, dengan fasilitas ini pengguna dapat mengatur batas rana, warna, exposure dan ISO. Hal ini memungkinkan gambar jadi lebih baik saat direkam dan mendapatkan keseimbangan cahaya yang pas walaupun kamera merekam objek pada kondisi pencahayaan yang terbatas.

Selain itu, kemampuan perekaman audio yang ada juga ditingkatkan sehingga kamera Hero 4 dapat menangkap suara dua kali lebih sensitif dari model sebelumnya.

Selain dilengkapi dengan kemampuan fitur tambahan seperti yang disebutkan di atas, dari sisi hardware kamera GoPro Hero 4 juga memiliki kemampuan untuk tahan terhadap berbagai keadaan cuaca, memiliki kemampuan tahan air hingga kedalaman 40 meter.

Kamera ini juga memiliki dudukan yang lebih kuat sehingga dapat dipasang dalam berbagai posisi. Menariknya, semua aksesoris yang tersedia pada kamera GoPro versi sebelumnya dapat juga dipasangkan pada kamera GoPro Hero 4 terbaru ini. Namun untuk New GoPro Hero 4, baterai yang ada sudah built-incasing untuk tahan air juga telah terintergasi. Beberapa fitur premium seperti Protune dan pengaturan untuk cahaya rendah secara manual tidak tersedia di versi paling murah.

Melalui situsnya, GoPro menjanjikan ketersediaan kamera ini pada tanggal 5 Oktober mendatang dan akan ditawarkan dengan harga mulai dari $400 USD untuk Hero 4 Silver dan $500 USD untuk Hero 4 Black dan yang paling murah, Hero 4 dijual seharga $130 USD.

Sumber : Engadget | Gambar : GoPro