27 January 2016

by Glenn Kaonang

GoPro Kini Bisa Siarkan Video ke Periscope

Selagi siaran berlangsung, pengguna bebas memilih antara menggunakan kamera iPhone atau GoPro

Pengguna action cam GoPro Hero4 patut berbahagia. Pasalnya mulai hari ini mereka bisa merekam video sekaligus menyiarkannya secara langsung ke Periscope, dengan bantuan sebuah iPhone.

Cara kerjanya sangatlah sederhana. Selama kamera terhubung dengan iPhone via Wi-Fi, pengguna bisa merekam dan menyiarkan video di Periscope kapan saja ia mau dengan menekan tombol "Start Broadcast". Tentu saja mereka masih bisa merekam dan menyimpan hasilnya terlebih dulu seperti biasa.

Namun yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Periscope membebaskan penggunanya untuk berkreasi. Selagi perekaman dan siaran berlangsung, pengguna bisa menyentuh layar dua kali untuk mengganti antara kamera milik iPhone atau GoPro.

Seandainya ingin fokus menyiarkan hasil rekaman GoPro saja, terdapat sebuah tombol untuk mengunci layar iPhone sehingga pengguna bisa menyimpannya di dalam saku tanpa khawatir opsi perekaman akan berubah tanpa disengaja.

Ini merupakan 'kemenangan' besar bagi kedua pihak. Di satu sisi, GoPro sebagai produsen action cam terbesar kini punya opsi tambahan untuk menyiarkan hasil rekamannya secara langsung. Sebelumnya, Meerkat sudah lebih dulu menghadirkan integrasinya dengan GoPro.

Buat Periscope, hal ini bisa dipastikan bakal menambah jumlah pengguna aktifnya. Berdasarkan observasi pribadi saya terhadap rekan-rekan pengguna GoPro, hampir semuanya sudah menanti-nanti integrasi layanan live streaming seperti Periscope ini sejak lama.

Kalau Anda punya GoPro Hero4 Silver atau Black serta sebuah iPhone, silakan unduh aplikasi Periscope versi terbaru untuk mulai menyiarkan aksi-aksi sangar Anda ke hadapan publik secara langsung.

Sumber: TechCrunch dan Periscope Blog.