26 December 2019

by Glenn Kaonang

GoPro Light Mod Adalah Flash Eksternal Serba Bisa untuk Semua Kamera Bikinannya

Dari yang terbaru, Hero 8 Black, sampai yang lama dengan bantuan deretan mount GoPro

GoPro Hero 8 Black yang dirilis beberapa bulan lalu boleh dibilang hanya menawarkan penyempurnaan iteratif. Namun sebenarnya ia juga membawa satu fitur yang benar-benar baru, yakni dukungan aksesori yang GoPro namai dengan istilah Mod.

Mod yang pertama, yaitu Light Mod, sudah resmi GoPro jual seharga $50. GoPro mendeskripsikannya sebagai LED flash yang serba-bisa, dan kehadirannya juga bakal sangat membantu pengguna Hero 8 yang rutin membuat vlog.

Pengguna dapat mengatur tingkat kecerahannya dari empat intensitas yang berbeda (20 - 200 lumen), atau mengaktifkan mode strobe jika diperlukan. Layaknya LED flash eksternal pada umumnya, ia turut dilengkapi diffuser bawaan, cocok untuk menghasilkan rekaman tanpa terganggu bayangan dari subjek.

Dipadukan dengan Media Mod, Light Mod bisa dipasangkan langsung ke bodi Hero 8 Black, baik di sisi atas maupun di sisi kirinya. Masalahnya, Media Mod baru akan dipasarkan pada akhir Januari mendatang. Lalu mengapa Light Mod dijual lebih awal?

Well, Light Mod sejatinya bukan aksesori eksklusif untuk Hero 8 Black. Ia juga kompatibel dengan deretan mount GoPro lain dan dapat berdiri sendiri. Contoh yang paling gampang adalah memasangkannya pada mount Head Strap, sehingga cahaya akan menyorot ke mana saja kita mengarah.

Ya, Light Mod memiliki baterai rechargeable-nya sendiri, dan satu kali pengisian cukup untuk menenagainya sampai sekitar 6 jam penggunaan. Ia juga telah dirancang agar tahan air sampai kedalaman 10 meter, salah satu syarat utama untuk sebuah aksesori GoPro.

Sumber: GoPro.