Categories

Gadget

Gorilla Glass Generasi Selanjutnya Akan Setangguh Safir?

Glenn Kaonang - 11 February 2015

Nama Gorilla Glass pastinya sudah cukup Anda kenal. Pasalnya produk mereka ini telah dipercaya menjadi pelindung layar milik jutaan smartphone dari berbagai merek yang dijual di dunia. Gorilla Glass saat ini sudah memasuki generasi keempat, dan generasi selanjutnya rupanya telah siap memasuki tahap pengembangan.

Corning, perusahaan di balik pengembangan Gorilla Glass yang bermarkas di AS, belum lama ini mengumumkan proyek terbarunya yang dijuluki Project Phire. Tidak diketahui apakah proyek ini akan menggantikan Gorilla Glass secara penuh atau tidak, namun yang pasti ia akan membawa definisi ‘kokoh’ ke tingkat yang lebih tinggi.

Dari namanya saja, kita bisa berasumsi bahwa Corning tengah mempersiapkan material kaca baru yang setangguh safir. Material ini diklaim sama kokohnya dengan Gorilla Glass 4, namun dengan ketahanan terhadap goresan yang setara material safir.

Penggunaan safir sebagai kaca layar smartphone mungkin tidak terdengar asing di telinga Anda. Pasalnya Apple sempat dirumorkan tengah menggarap layar iPhone generasi baru yang terbuat dari safir sintetis.

 

Info menarik: Kamera Nikon D810A Dibuat Khusus Untuk Para ‘Penjelajah Bintang’

 

Material safir sendiri memang terbukti sangat tahan terhadap goresan, bahkan bisa dibilang anti-gores pada kondisi tertentu. Namun Corning merasa bahwa performa safir tidak begitu gemilang kala dijatuhkan. Material ini dinilai terlalu mudah retak saat terjatuh.

Sedangkan untuk Gorilla Glass 4, material ini sebenarnya diklaim dua kali lebih kuat ketimbang pendahulunya, akan tetapi saya pribadi melihat Gorilla Glass hingga generasi ketiga masih mudah baret, terutama ketika terkena material seperti pasir.

Atas alasan itulah Corning berencana menciptakan material komposit yang mengawinkan kelebihan Gorilla Glass 4 dan safir secara bersamaan. Material hybrid ini rencananya akan segera dipasarkan ke produsen-produsen perangkat mobile tahun ini juga.

Saya sendiri tidak berani mengatakan bahwa material baru ini nantinya akan dinamai Gorilla Glass 5, tapi bisa dipastikan ia akan menjadi pelindung berbagai smartphone, tablet, maupun smartwatch yang diluncurkan tahun depan.

Sumber: CNET. Gambar header: Corning.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter