Categories

Home Appliance

GoSun Grill Adalah Alat Pemanggang Bertenaga Matahari

Glenn Kaonang - 6 May 2015

Memasak tanpa api, mungkinkah dilakukan? Sangat mungkin. Pada nyatanya, microwave telah menghuni dapur kita selama beberapa dekade. Kendati demikian, sampai detik ini microwave masih belum bisa menggantikan kompor atau alat pemanggang secara total.

Api boleh dibilang bukan lagi salah satu unsur penting dalam memasak, panas-lah yang kita cari. Dewasa ini sudah banyak yang menggunakan kompor induksi untuk memasak, yang pada dasarnya mampu mengubah energi listrik menjadi panas.

Bagaimana dengan panas matahari, yang pada prakteknya bisa didapat secara cuma-cuma di siang hari? Well, kita bisa mengubahnya menjadi energi listrik, tapi mengapa tidak langsung memasak menggunakan panas matahari saja?

Itulah ide yang digagas GoSun Stove. Di tahun 2013, mereka memperkenalkan sebuah kompor bertenaga matahari melalui situs crowdfunding Kickstarter. Kali ini, mereka kembali mengunjungi situs crowdfunding tersebut untuk memamerkan solusi memasak terbarunya, yang juga ditenagai oleh panas matahari.

Info menarik: Tesla Energy Adalah Solusi Energi Alternatif dari Sang Produsen Mobil Listrik

Bernama GoSun Grill, wujudnya tampak seperti sebuah oven kecil dengan bobot 9 kg. Jika Anda buka, akan tampak sepasang lempengan aluminium berbentuk parabola yang bertugas memantulkan panas matahari.

Panas yang dipantulkan akan diserap oleh tabung hampa udara yang terdiri dari sejumlah lapisan, yang kemudian digunakan untuk memasak. Tabung ini terisolasi dengan baik sehingga ia aman dipegang dari luar meski sedang dipakai untuk memasak pada suhu tinggi.

Di dalam tabung tersebut, tersimpan panci berbentuk lonjong yang terbuat dari stainless steel. Di sinilah Anda menempatkan bahan masakan, dengan volume maksimal hingga 2,4 liter. GoSun Grill siap memanggang, menggoreng atau merebus dengan suhu maksimum yang mencapai 260 derajat Celsius. Asalkan pancinya cukup dan ada panas matahari, Anda bisa membuat hidangan lezat.

Saat matahari telah terbenam, berarti GoSun Grill sudah tidak ada gunanya? Tidak. Ia dilengkapi dengan komponen thermal battery yang sanggup menyimpan panas matahari dalam waktu 2 jam. Panas yang disimpan ini dapat Anda manfaatkan untuk memasak di malam hari sekalipun.

Thermal battery ini juga berfungsi untuk mempercepat proses memasak, dimana panas yang disimpan dapat digabungkan dengan panas matahari yang dipantulkan oleh reflektor aluminium GoSun Grill.

Kampanye GoSun Grill tampaknya mengikuti kesuksesan GoSun Stove dua tahun yang lalu. Targetnya telah terlampaui cukup jauh meski masih menyisakan waktu sekitar satu bulan. Pledge terendahnya saat ini adalah $349 untuk satu unit GoSun Grill. Tambahkan $150 untuk memboyong thermal battery bersamanya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter