Categories

Berita

Grab dan Lippo Garap Pembayaran Mobile Non-Tunai

Implementasinya akan dilakukan bertahap mulai kuartal ke empat tahun ini

Prayogo Ryza - 22 July 2016

Grab salah satu layanan transportasi online yang beroperasi di Indonesia dikabarkan tengah berinovasi untuk menyuguhkan platform pembayaran e-money di Indonesia. Grab akan menjalin kemitraan dengan Lippo Group untuk memungkinkan lebih dari 50 juta pelanggan bersama dari kedua perusahaan melakukan pembayaran melalui perangkat mobile atau menggunakan aplikasi Grab untuk seluruh jajaran layanan lintas perusahaan ritel Lippo, termasuk departemen sore, bioskop, kedai kopi dan layanan e-commerce yang terafiliasi.

Kerja sama antara Grab dan Lippo Group kali ini merupakan perluasan kemitraan strategis antara kedua perusahaan tersebut yang ditandatangani pada bulan Maret silam. Melalui kerja sama ini Lippo Group akan mengembangkan platform pembayaran universal yang memungkinkan pelanggan di Indonesia untuk melakukan top-up akun e-money dan dapat digunakan untuk membayar layanan dan produk dari Lippo secara digital.

Grab juga akan mengintegrasikan platform pembayaran aplikasi Grab sebagai opsi mobile walet di dalam fitur GrabPay sehingga pengguna mobile dapat menggunakan aplikasi Grab tidak hanya untuk membayar kebutuhan transportasi tetapi juga layanan dan produk lainnya.

“Kami sangat menghargai upaya pemerintah untuk mendorong Indonesia menuju masyarakat non-tunai, dan kami menantikan untuk dapat berkontribusi guna mencapai tujuan ini. Kemitraan Grab dengan Lippo Group untuk mengembangkan platform pembayaran universal akan menjadi langkah maju untuk e-money di Indonesia. Dengan pertumbuhan pesat dari kelas menengah, masyarakat akan menginginkan opsi mobile wallet di dalam aplikasi Grab, yang dapat mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk transportasi atau pembayaran transaksi-transaksi mendasar lain,” ujar Co-Founder dan Group CEO Grab Anthony Tan.

Anthony juga menambahkan bahwa platform pembayaran mobile di Asia Tenggara memiliki potensi yang tidak terbatas. Masih banyak masyarakat Asia Tenggara yang belum menggunakan layanan perbankan namun memiliki perangkat mobile. Untuk itu perlu adanya solusi non tunai yang bisa membantu mereka mengelola uang, dan mobile walet merupakan salah satu solusinya.

“Kemitraan dengan Lippo Group ini merupakan satu langkah maju guna mencapai tujuan Grab untuk menyediakan solusi pembayaran mobile kepada jutaan orang di Asia Tenggara. Kami akan bekerja sama dengan mitra lokal untuk mewujudkan transaksi non-tunai bagi sebagian besar masyarakat Asia Tenggara,” imbuh Anthony.

Hal senada juga disampaikan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. Menurutnya Indonesia sebagai pasar terbesar Grab, untuk itu Grab akan terus berupaya untuk berinvestasi pada layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, salah satunya pembayaran non tunai mobile.

Platform pembayaran universal ini rencananya akan diluncurkan untuk perusahaan-perusahaan dari Lippo Group dan diintegrasikan ke dalam aplikasi Grab secara bertahap mulai dari kuartal keempat tahun 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter