Categories

Berita

Grab Luncurkan GrabChat di dalam Aplikasi

platform instant messaging untuk mempermudah komunikasi antara konsumen dan mitra pengemudi

Prayogo Ryza - 24 October 2016

Grab mengumumkan ketersediaan GrabChat, sebuah platform instant messaging yang dibangun di dalam aplikasi Grab yang diperuntukkan untuk seluruh negara tempat Grab beroperasi di Asia Tenggara. Mulai hari ini, Senin (24/8) GrabChat akan hadir secara bertahap baik di platform Android maupun iOS.

Tak jauh dari ambisi untuk semakin mendapatkan banyak pengguna GrabChat hadir untuk memudahkan proses penjemputan kepada mitra pengemudi dan penumpangnya. Menurut keterangan pihak Grab, selama masa uji coba yang ekstensif yang melibatkan lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Asia Tenggara, GrabChat terbukti tidak hanya memudahkan dan mempercepat proses penjemputan tetapi juga memberikan pengalaman berbeda yang lebih baik bagi para penggunanya, baik mitra pengemudi maupun penumpang.

“GrabChat merupakan pembaruan fitur yang sederhana namun sangat bermakna. Ini akan mempermudah dan mempercepat proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi dengan adanya komunikasi yang mulus langsung dari aplikasi Grab, tanpa perlu menghabiskan pulsa. Banyak mitra pengemudi kami yang mengandalkan panggilan telepon dan SMS sebelum menjemput untuk dapat menemukan penumpangnya, mengabarkan waktu kedatangan, atau menginformasikan bahwa mereka sudah sampai di lokasi penjemputan. Terlebih lagi, kami juga tengah melihat pertumbuhan yang signifikan dari penumpang yang menggunakan layanan Grab di luar negara asalnya, dan ketersediaan GrabChat ini akan membantu mitra pengemudi untuk berkomunikasi dengan penumpang dengan nomor luar negeri tanpa perlu khawatir akan biaya panggilan telepon yang mahal,” ujar Co-Founder Grab Hooi Ling Tan.

Tampilan GrabChat

Terobosan yang dilakukan Grab ini sebenarnya menjadi peluang besar untuk mengurangi penggunaan nomor telepon. Selain hemat dari segi pulsa yang digunakan untuk melakukan panggilan atau SMS, inovasi Grab ini juga berpeluang menjadi salah satu jalan untuk mengurangi konsumsi data pribadi, dalam hal ini nomor telepon. Sesuatu yang menjadi isu besar di layanan on-demand Indonesia beberapa waktu lalu.

Grab dalam rilisnya juga menjelaskan bahwa GrabChat sengaja dirancang dengan keamanan sebagai fokus untuk menjamin keamanan komunikasi mitra pengemudinya dan penumpang. GrabChat juga dilengkapi dengan pesan-pesan template yang biasa digunakan oleh pengemudi dan penumpang untuk memudahkan komunikasi antar keduanya. Selain menghadirkan layanan in-app chat, Grab per akhir tahun ini juga berencana menghadirkan fitur auto translator untuk memudahkan pelancong-pelancong yang ada di Asia Tenggara berkomunikasi.

“Kami memiliki productroadmap yang dikembangkan dengan baik untuk meluncurkan fitur-fitur baru dan fungsi-fungsi yang lebih hyperlocal untuk mempermudah komunikasi untuk penumpang lokal dan wisatawan asing kepada para mitra pengemudi kami. Grab ingin menjadi pilihan tumpangan berkendara Anda di seluruh Asia Tenggara,” imbuh Hooi Ling.

Saat ini GrabChat baru tersedia untuk layanan GrabCar dan GrabTaxi. Ke depan secara bertahap GrabChat juga akan mendukung layanan-layanan lainnya seperti GrabBike, GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter