Categories

Mobile

GrabBike, Bakal Pesaing Go-Jek dari Pendiri GrabTaxi

Glenn Kaonang - 21 May 2015

Masih ingat dengan GrabTaxi? Pernah mencoba layanan Go-Jek? Well, kedua layanan transportasi berbasis aplikasi berbeda jenis kendaraan ini tidak lama lagi akan bersaing secara langsung.

Sebelum ini, kita sebagai konsumen diberi dua pilihan: 1) kalau ingin menumpang lebih nyaman, pesan taksi di GrabTaxi, 2) kalau cuma mau pergi tidak jauh, atau ingin memesan makanan dan diantar ke lokasi, manfaatkan jasa dari Go-Jek.

Nah, sebentar lagi pilihan yang kedua ini bukan lagi opsi tunggal buat para konsumen; pada hari Rabu (20/5/15) kemarin, GrabTaxi secara resmi memulai tahap pengujian layanan barunya, GrabBike.

Info menarik: Tarif Layanan ‘Taksi Privat’ Uber Bisa Semakin Ekonomis Berkat Teknologi Kemudi Otomatis

Kalau dilihat dari namanya, sepintas GrabBike ini terdengar seperti layanan persewaan sepeda. Bukan demikian, konsep yang dianut GrabBike sejatinya tak jauh berbeda dari Go-Jek, yakni menyediakan layanan pemesanan transportasi motor, atau yang lebih kita kenal dengan istilah ojek, yang bisa kita pesan secara online melalui aplikasi mobile. Yang membedakan, GrabBike masih satu platform dengan GrabTaxi.

Artinya, dengan satu aplikasi GrabTaxi, konsumen juga bisa memesan ojek dari GrabBike. Jadi saat melakukan pemesanan, ada pilihan tambahan jenis kendaraan selain "Taksi" dan "Premium", yaitu "GrabBike". Saat ojek dipesan, konsumen juga akan dipinjami helm, masker wajah, penutup rambut dan jas hujan bila diperlukan.

Fitur keamanan juga menjadi fokus dari GrabBike. Yang pertama, identitas pengemudi, mulai dari nama, pelat nomor kendaraan, nomor ponsel sampai foto diri, bisa diketahui saat pengguna melakukan pemesanan. Rincian informasi perjalanan bisa Anda bagikan ke orang-orang terdekat melalui fitur Share My Ride, sehingga mereka bisa memonitor keberadaan Anda secara real-time.

Di saat yang sama, asuransi medis turut disediakan oleh GrabBike. Kalau saja terjadi kecelakaan, semua akan ditanggung oleh pihak penyedia layanan asuransi.

Info menarik: Zirx Adalah Layanan Valet Komplet untuk Pemilik Mobil Pribadi

Di masa pengujian ini, GrabBike baru tersedia untuk konsumen Jakarta saja. Lokasi penjemputan juga masih terbatas di area Kuningan dan Setiabudi, akan tetapi titik pengantaran mencakup seluruh wilayah Jakarta.

Guna menarik minat konsumen, GrabBike pun menawarkan promo gratis menumpang selama dua minggu, dimulai dari tanggal 20 - 31 Mei 2015. Pastikan Anda sudah punya akun GrabTaxi untuk melakukan pemesanan ojek dari GrabBike.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter