17 February 2013

by wiku

Gramediana: Layanan Berbasis Internet Untuk Penjualan dan Penerbitan Buku

Grup Kompas Gramedia beberapa hari yang lalu meluncurkan produk untuk menyasar para penikmat buku dan penulis yang akrab dengan dunia online. Bernama Gramediana.com, layanan ini merupakan situs online marketplace untuk penerbitan lokal.

Selain menyediakan layanan untuk membeli buku digital (e-book), situs ini juga akan menawarkan layanan untuk membeli buku cetak dengan sistem print on demand. Selain itu akan menjadi tempat juga bagi komunitas yang diisi oleh penerbit dan pembaca serta menjadi sarana untuk menerbitkan buku independen.

Gramediana baru dalam tahap awal peluncuran - soft launch, diperkenalkan pada acara Kompas Gramedia Fair 2013 di Jakarta. Layanan berbasis internet ini ingin menjadi tempat untuk memfasilitasi para penulis, penerbit serta pembaca untuk saling terhubung lewat layanan berbasis internet.

Jika Anda memperhatikan dunia perbukuan digital, layanan ini bisa jadi akan mengingatkan Anda pada layanan NulisBuku, yang memberikan layanan print on demand serta pasar online e-book.

Saat ini Gramediana baru menyediakan layanan pasar online buku dengan pembelian untuk format digital. Buku yang telah dibeli dari situs ini, disebutkan bisa dibaca di PC serta perangkat mobile.

Nantinya, setelah fasilitas untuk menerbitkan buku telah disediakan, sebagai sarana bagi penerbit untuk menjual karya mereka, Gramediana.com akan memberikan 50% dari keuntungan penjualan buku dalam format digital, sedangkan untuk versi cetak 10%.

Berikut penjelasan tentang pembagian keuntungan yang dikutip dari situsnya.

gramediana.COM gives 50% of the e-book selling income. E-book selling income is e-book selling price minus distribution cost and electronic payment amounting to 30% of e-book selling price. And the e-book selling price is amounted to 75% of the printed book selling price. gramediana.COM gives 10% of the printed book selling income. Printed book selling income comes from the printed book selling price.

Gramedia sendiri telah memiliki situs online untuk menjual buku cetak terbitan mereka, tetapi diluncurkannya Gramediana sendiri tetap menarik untuk dicermati.

Perusahaan penerbitan ini - yang bisa jadi adalah paling besar di Indonesia - mulai masuk ke dunia digital lebih dalam lagi dengan menyediakan layanan berbasis internet - toko online yang menjual buku dengan format digital, bukan toko untuk buku cetak yang dijual online yang akan dilengkapi dengan sarana komunitas digital lainnya. Namun hal yang paling menarik untuk dicermati bagi saya adalah layanan self-publishing (saat ini fasilitasnya belum tersedia), dimana Grup Kompas Gramedia akan membuka pintu bagi penulis umum/independen serta penerbit independen untuk menerbitkan karya atau terbitan mereka. Meski jalur ini mirip dengan apa yang dilakukan layanan lain alias bukan yang pertama, namun dengan nama besar Gramedia tentunya perkembangan ini menarik untuk dicermati bagi dunia penerbitan lokal.

Ada yang tertarik untuk melihat infomasi lengkap tentang Gramediana.com bisa langsung menuju situs mereka di sini.

Sumber: DailySocial.